selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

6 Kecerdasan Otak Kanan (Tips dan Trik untuk Melatihnya)

Written By unik on Sabtu, 06 Maret 2010 | Sabtu, Maret 06, 2010

This item was filled under [ Umum ]
Pada era konsep tual yang kita alami sekaramg ini lambat laun mulai membuka pengetahuan kita tentang fungsi dan kerja Otak manusia. Diantaranya adalah fungsi dari Otak sebelah kanan kita, Kita harus melengkapi penalaran yang diarahkan oleh otak kiri kita dengan menguasai enam kecerdasan penting yang diarahkan oleh otak kanan kita. Keenam kecerdasan yang dimiliki oleh otak kanan kita adalah :

1. DESAIN
Ya, satu diantara kecerdasan dari otak kita adalah desain. Pada era sekarang sesuatu yang berbentuk barang atau jasa atau apa saja hanya fungsi (atau hanya ditilik/dilihat secara fungsional saja) akan tetapi juga desain yang diciptakan harus memiliki nilai estetika, indah, fantastic dan dapat menarik secara emosional. Apabila kita dapat menciptakan sesuatu yang bukan aja berdasarkan fungsional akan tetapi dengan nilai desain yang dapat diterima di masyarakat maka nilai ekonomi barang yang kita hasilkan lebih tinggi dan dapat member nilai tambah bagi personal.
Dilihat dari pengertiannya Desain adalah kecerdasan pikiran yang merupakan sebuah kombinasi antara utility (kegunaan) dan significance (makna) atau dapat dijabarkan desain adalah kegunaan yang memiliki nilai lebih yang ditingkatkan dengan makna yang terkandung!. Kita ambil contoh seorang desainer grafis harus menyiapkan sebuah brosur yang mudah dibaca kalau kita lihat brousir manfaatnya adalah memberikan informasi yang diinginkan oleh penyebar brosur kepada kalayak ramai agar orang lain dapat membaca dan mencerna pesan yang diberikan dalam brosur yang paling efektif adalah nrosur tersebut dapat menarik dan mentransmisikan gagasan-gagasan dan emosional-emosional yang tidak dapat dibaca secara kata-kata akan tetapi harus dengan desain gambar-gambar yang indah yang dapat mepengaruhi rasa dan jiwa bagi siapapun yang melihat,Nah agar gagasan ini dapat diterima dengan mudah maka diperlukan desain yang bagus,fantastis atau yang dapat mempengaruhi jiwa yang melihatnya. Bayangkan saja bila browser dibuat dengan kertas putih dan hanya bertuliskan huruf-huruf yang biasa atau berupa rangkaian kata tentunya akan sangat membosankan dan tidak memiliki daya tarik,apabilabrour tersebut dibuat dengan gambaran,desaun pjoto yang menarik maka secara tidak sadar akan membius dan menarik orang banyak.
Apabila kita perhatikan segala sesuatu yang tercipta, Baik yang berasal dari alam (diciptakan oleh Tuhan) maupun yang tercipta dari hasil olah tangan manusia tidak ada satupun yang lepas dari desain contoh Candi, Pohon,hewan ,manusia atau bangunan,cangkir,sendok semua barang-barang tersebut memiliki bentuk-bentuk yang terpola dengan keunikan masing-masing.
Untuk melatih kemampuan desain kita ada beberapa tips diantaranya:
1. Mulailah kebiasaan Lebih banyak memperhatikan sesuatu yang selama ini sering kita perhatikan seperti jalan,mobil,lukisan,gambar atau bahkan alat-alat rumah tangga seperti sendok,panic atau wajan berilah catatan kecil tentang desaindari barang-barang tersebut dan bayangkan bentuk dan desain alat-alat tersebut pada saat pertama kali diciptakan beri catatan dan penilaian juga kemungkinan pengembangan desain terhadap alat-alat tersebut
2. Perhatikan plakat, Iklan baliho atau sebuah surat kabar lihat huruf per huruf dan bayangkan apakah anda bias menciptakan desain huruf yang lebih mudah dicerna atau kata-kata yang sangat simple dan hanya dilihat sepintas orang bias mengerti makna dari tulisan tersebut!
3. Salurkan kejengkelan anda, Carilah sebanyak mungkin barang atau apa saja yang menurut anda desain barang tersebut sangat buruk, tulis dan catat gagasan-gagasan extreme anda untuk memperbaiki desain dari barang tersebut yang menurut anda agak seikit gila tetapi mampu mengundang emosional orang lain untuk tertarik menilai atau melihat desain yang anda buat.
4. Perbanyak melihat atau mengunjungi majalah-majalah desain atau situs-situs tentang
desain, semakin banyak anda kungjungi dan baca maka semakin banyak konsep-konsep desain yang tertanam atau terkumpul dalam otak anda dan semakin banyak pula ide gila tentang desain yang akan anda ciptakan.
Referensi web: www.Ambidextrousmag.com, dan masih banyak lagi
5. Wujudkan ide Gila anda dengan membuat desain yang jarang atau baru pertama kali dilihat tapi ingat desain yang anda buat harus memiliki beberapa syarat dan unsure untuk desain yang baik diantaranya
A. Contras (berbedaan) buat garis,warna,bentuk,ruangan,ketebalan menjadi sangat berbeda dengan desain orang lain
B. Repetition (pengulangan). Pengulangan unsure-unsur visual membantu mengembangkan pengaturan dan memperkuat kesatuan dari brosur,lukisan,laporan berkala,atau kepala surat anda
C. Alignment (penjajaran) tidak ada yang diletakkan apada halaman,bentuk atau ruang secara sewenang-wenang, setiap unsure memiliki hubungan dengan unsure yang lain
D.  Proxymety (kedekatan)benda-benda yang saling berhubungan harus diletakkan secara berkelompok bersama-sama
……………………………………………….(Robin William)
6. Jadilah Orang Pemilih, Pilihlah barang,pakaian,atau apa saja sesuai dengan penilaian anda tetang desain barang trsebut jangan hiraukan penilaianorang, atau penilaian mode yang telah ngtren sebab belum tentu sama dengan konsep desain pada diri anda!
2. CERITA
Kecerdasan kedua adalah cerita!Kita usahakan dalam hidup kita tidak hanya berargumen akan tetapi dapat menceriterakan segala sesuatu secara rinci tentang argument kita. Ketika hidup kita penih dengan informasi dan data. Mengumpulkan argument yang effectif tidaklahmemadai. Seseorang entah dimanapun pasti akan menemukan sesuatu yang berbed untuk membantah atau mematahkan argument yang anda berikan. Esensi dari persuasi,komunikasi dan pemahaman diri telah menjadi suatu kemampuan untuk menciptakan suatu drana kisah yang menarik.
Cerita-cerita yang menarik atau memiliki nilai atau kesan tertentu lebih mudah dipahami dan lebih mudah di cerna serta diingat, Karena dalam berbagai cara cerita adalah bagaimana atau suatu cara untuk mengingat sesuatu. Sebagai contohkita akan menanamkan nilai kebaikan untuk anak kita tentang perilaku buruk seperti mencuri, kalu kita jelaskan nak….jangan mencuri karena mencuri itu yidak baik…… dengan argument yang kita tanamkan anak akan lama untuk mengingat mereka hanya tau kalau mencuri itu dosa dan tidak baik sementara kesan yang kita berikan terhadap anak kita tidak nyangkut pada ingatan mereka berbeda apabila kita menceritakan dongeng tentang si kancil yang mencuri timun pak tani……akhirnya sikancil mendapat hukuman dengan dikurung karena mencuri telah merugikan pak tani dan karma bagi kancil adalah kurungan…….(anakakan lbh cepat mengingat konsep mencuri tidak baik akan berakibat sama seperti yang dialami si kancil.
Cerita sendiri oleh para pakar diterjemahkan sebagai suatu peristiwa kognitif yang penting, karena mereka meringkas dalam suatu paket yang padatinformasi, pengetahuan, konteks danemosional.Kita perhatikan tentang film, mitos atau cerita tentang cinta atau tentang kepahlawanan kalau kita perhatikan cerita tersebut satupun tidak ada yang baru dalam inti ceritanya akan tetapu yang membedakan antara mitos yang satu dengan yang lain adalah alur atau tercemahan konsep pada ceritanya contoh Cerita tentang bandung bondowoso dan sangkuriang, atau kisah kepahlawanan yang alurnya sang jagoanakan mengalami cobaan atau hamper kalah akhirnya sang jagoan belajar sadar dan akhirnya menang (cerita ini disetiap Negara hamper memiliki hikayat atau mitos tentang ini) jadi yang membedakandari suatu unsure cerita adalah imajenasi dan penciptaan cerita yang tepat dan menarik!
Untuk mempertajam kecerdasan cerita ada beberapa tips yaitu:
1. Buatlah cerita-cerita singkat dan cerita mini yang terdiri dari 50-100 kata tetapi cerita yang anda buat harus ada awal-tengah dan bagian akhir tentang kisah sehari anda yang dirangkai dengan plot dan sedikit imajenasi anda! Suruhlahorang dekat untuk menilai cerita anda tanyakan pada dia inti dari cerita yang nada buat apabila ia mengerti kembangkan cerita anda sedikit demi sedikit.
2. Buatlah grup atau komunitas cerita yang bias anda bentuk di jaringan social facebook atau yang lainnya karena dari grup ini anda bisa menulis,mendapat gagasan,membandingkan cerita anda dengan sahabat atau kenalan anda.
3. Ambillah alat rekam dan catat kegiatan-kegiatan yang menarik yang anda jalankan sehari-hari rangkumlah dan buat cerita sesuai dengan daya imajenasi anda yang sesuai dengan alur alur dan sesauai dengan plot-plot yang ada.
4. Bacalah artikel dan sebuah cerita dengan membaca cepat kalimat-kalimat pembuka tutup artikel atau cerita tersebut tebak sesuai dengan feeling atau imajenasi anda kira-kira gambaran keseluruhan atau inti artikel atau cerita tersebut, kumpulkan beberapa dugaan dan setelah itu baca lagi dan selesaikan bacaan tersebut sampai tuntas bandingkan dengan dugaan-dugaan yang anda rangkum kalau anda jeli maka rangkuman tadi dan isi cerita akan mendekati
5. Kumpulkan photo atau gambar-gambar yang terdapat pada sebuah cerita dari sebuah majalah. Dan dengan gambar tersebut munculkan imajenasi anda yang didapat dari dugaan-dugaan hati anda terhadap gambar-gambar yang anda cermati! Makna dibalik gambar yang anda lihat dengan menggunakan imajenasi anda akan mempertajam kemampuan anda untuk mempertingkatkan kecerdasan bercerita!
6. Menebak dan tanyakan Siapa Orang-orang ini
Apakah anda pernah mendapati diri anda ditempat-tempat keramain seperti pasar atau tempat seperti bandara,statsiun atau lapangan udara, sembari emperhatikan dan bertanya siapakah orang-orang yng berada disana, siapakah orang bereragan yang ada di supermarket atau station? Bertanyalah pada hati anda dan jawablah pertanyaan tersebut dibenak anda! Buatlah pertanyaan siapakah 2 orang yang berada dekat dengan anda ketika suatu ketika anda berjalan-jalan disebuah supermarket,siapa merekan,nama mereka,apa yang mereka lakukan,berpacarankah mereka, atau sedang mencari sesuatu,kenapa mereka disini dan selanjutnya mereka hedak kemana. Lihatlah tanda-tanda dan arti gerakan mereka orang sering enafsirkan tanda gerak tubuh dan gelagat yang sama dengan suatu penafsiran yang berbeda brdasarkan pengalaman hidup yang mereka alami, latihan ini dapat membantu anda menantang berbagai asumsi, mengabaikan steriotip-steriotip dan akan dapat membantu anda memperluas cerita-cerita yang anda buatdengan interaki yang anda lakukan pada keluarga, teman,pacar atau kolega!
3. SIMPONI
Tidak hanya focus tetapi harus ada simponi………………………………………………………..
Simponi adalah suatu kemampuan untuk menggabungkan pecahan-pecahan menjadi satu kesatuan yang berarti dan memiliki makna,ia merupakan kemampuan untuk menggabungkandari pada menganalisis, melihat hubungan antara bidang-bidang yang tidak memiliki hubungan sama sekali,mendeteksi pola-pola umum ketimbang menyampaikan jawaban-jawaban yang kusus,menggabungkan sesuatu yang baru dengan menggabungkan unsure-unsur yang tidak seorangpun berpikir untuk memperbaikinya. Salah satu cara untuk memahami dan mengembangkan kecerdasan simponi adalah belajar tentang bagaimana cara menggambar suatu objek—- sebuah ketrampilan yang sepertinya mudah dan sederhana tapi bila tidak terlatih akan snagat susah….seperti menggambar wajah sendiri! Kalau kita lihat atau mau mendengarkan kecerdasan simponi yang sangat mengagumkan (betapa dasyatnya kecerdasan ini) anda dengar lima karya klasikyang direkomendasikan para pakar yaitu :
*Beethoven 9th symphony, salah satu yang terkenal dari simponi ciptaan beet adalah “Ode to Joy merupakan suatu simponi yang menyenangkan dan terkenal sepanjang masa
* Wolf Cang Amadius Mozar’t dengan simponi no 35 dengan judul “haffner Symphoni’ dalam simponi ini Mozart memasukan suara seruling yang menciptakan sebuah kesatuanyang secara dranatis mampu melebihi jumlah bagian-bagiannya
* Mabler’s 4th symphony in G Major dalam alunannya inspirasi dijadikan sebagai suatu yang bernilai dan dasyat
* Tchoikovsky’s 1812 Overture dengarkan secara seksama alunan simponi yang memiliki ketukan dan harmoni yang dapat menggugah emosional kita
* Haydn,s symphony No 92 in G Major, “Surprise, untuk menguasai kecerdasan simponi anda mesti terbuka pada sebuah keterkejutan dan keterkaguman dimana haydn menggunakan keterkejutan untuk memperluas dan memperdalam music yang tertata oleh alunan irama dan harmoni yang pelan akan tetapi berkesan menghentak
Dengan kecerdasan simponi orang dapat merubah sesuatu yang sianggap biasa menjadi luar biasa dengan menggabungkan beberapa unsure,harmoni,birama yang tertata dan membentuk sebuah karya yang dasyat,kita lihat para komponis dan para pelukis dapat mengubahnya kedalam karya seni yang menarik, kita lihat karya Afandi yang cenderung abstrak dan terkesan awut-awutan akan dapat menggugah emosional orang yang melihatnya dan bernilai ratusan juta rupiah.
Tips dan cara mengelola dan mempertajam kemampuan kecerdasan simponi
1. Latihanlah Mempelajari segala sesuat dari took buku,dengan cara gunakan waktu anda sekitar 20 menit untuk memilih beberapa judul buku yang sama sekali belum pernah anda lihat dan and abaca gunakan cara membaca cepat dan pintas atau gunakan waktu untuk melihat-lihat ganbar najalah yang ada di took buku itu kemudian rangkailah bagian demi bagian dalam buku tersebut,kemudian carilah hubungan dengan apa yang menjai pekerjaan dan kegiatan anda dan carilah gagasan dan ide baru didalamnya terapkan pada keguatan anda masing-masing tentunya yang memiliki nilai tambah dan nilai positif dalam kehidupan anda.
2. Menggambar, adalah cara yang paling bagus untuk melatih kecerdasan simponi kita karena dengan menggambar kita melihat suatu hubungan-hubungan dan mengintegrasikan hubungan-hubungan tersebut kedalam suatu kesatuan-kesatuan yang utuh dan memiliki nilai dan makn yang lebihserta dapat mempengaruhi emosional otang yang menilainya
3. Buatlah Buku catatan tentang kiasan,kembangkan MQ (Kecerdasan Metaforis) anda dengan menuliskan kiasan-kiasan yang menarik dan mengejutkanyang anda temukan, Coba berlatihlah selama beberapa hari,simpan satu buku kecil catatan-catatan dengan cepat ketika anda membaca surat kabar atau membaca majalah. Kiasan dapat dalam bidang apapun dapat berupa ungkapan,pendapat atau berupa falsafah hidup dari seseorang,kemudian rangkailah dan nilai ungkapan yang anda buat jika berbau muatan positif yang dapat menggugah emosional orang maka terapkan dalam kehidupan anda!
4. Ikuti Hubungan-hubungan yang telah dan akan terjalin
Pilih salah satu kata yang anda anggap menarik ,ketik dalam mesin pencari (google,yahoo.MSN,dll) dan kemudian ikuti salah satu hubungannya yang berkaitan dengan topic atau kata yang anda inginkan dan berpetualanglah lebih dalam kedalam topic tadi, Ulangilah hal-hal ini sampai tujuha atau delapan kali kemudian refleksikanlah apa yang anda pelajari tentang topik yang asli yang anda tuliskan tadi dan sekaligus penyimpangan-penyimpangan yang anda temukanselam proses pencarian (Browsing),catat pola-pola atau tema-tema apa yang muncul? Hubungan-hubungan apa yang muncul dan kerancuan-kerancuan apa saja yang ada dipikiran anda tentang hubungan-hubungan yang menurut pikiran anda merupakan hubungan yang menyimpang dan tidak ada kaitan dengan topic anda. Melatih dengan cara ini merupakan suatu komitmen yang ada pada diri kita untuk belajar dengan kesanggupan menemukan informasi visual secara kebetulan dan mengaktifkan daya pikiran,imajenasi dan ide yang mungkin muncul dari system berurut ini atau dapat juga anda lakukan dengan generator situs web yang acak web search (seperti www.randomwebsearch.com) mulailah pilih acak situs yang sama sekali belum pernah anda kunjungi bahkan belum pernah and abaca dan tidak pernah anda harapkan hal ini meningkatkan daya apresiasi anda terhadapa hubungan-hubungan simponik yang terdapat pada gagasan-gagasan yang muncul
5. Cari Soslusi dalam pencarian masalah
Masalah membutuhkan sebuah solusi hal ini adalah kaidah yang sangat mendasar akan tetapi untuk mencari sebuah solusi yang cerdas dan tepat untuk menyelesaikan sebuah masalah terkadang memerlukan beberapa masalah.menurut professor dari Yale, Barry Nalebuff dan ian aires, menganjurkan kita menganalisa sebuah solusi yang anad dan menanyakannya dengan 2 pertanyaan yaitu:
* Dimana Lagi ia kan berfungsi?
Terkadang kita dapat menghilangkan kesulitan-kesulitan dari suatu wilayah ke wilayah yang lain. Contoh sangat banyak sekali masalah yang dapat terpecahkan oleh satu solusi yang sama akan tetapi untuk memecahkan masalah yang beraneka ragam, contoh Masalah maaf (Jihat), sama-sama jihad untuk kepentingan membela agama masalahnya tempat dan lingkungan jihat tersebut yang berbeda saya sellu berfikir Jihat di Palestin jauh lebih bermanfaat dan jauh lebih dibutuhkan dari pada jihat di daerah lain seperti Indonesia masalahnya dalah Jihad (penyaluran kewajiban membela agama) tetapi seharusnya solusi tempat yang tepat adalah tempat yang benar-benar urgen dan membutuhkan orangoorang untuk membantu berjuhad kenapa gak di palestina sekalian?? Atau masalah lain yang membutuhkan solusi yang sama
* Apakah mengutak atik atau membalik-balik itu akan berhasil?
Mengubah pilihan yang salah merupakan sebuahlangkah sederhana yang dapat meraih keberhasilan atau hasil yang sangat bagus.
Contohnya suatu anggapan yang selama ini saya anggap salah mendonot darah anda akan berakibat negative terhadap daya tahan tubuh anda atau dapat membuat orang menjadi gemuk atau dapat tertular HIV, sepintas beberapa prnyataan diatas ada benarnya akan tetapi menurut saya benar tidaknya bila kita lihat dari kondisi pada saat donor tersebut, Donor darah tidak akan mengurangi daya tahan tubuh apa bila pendonor dalam kondisi sehat dan fit, donor darah tidak aberakibat kegemukan apabila anda tidak termakan sugesti setalah donor anda akan membutuhkan gizi dan makanan lebih, donor darah tidak akan menularkan HIV apabial sterilisasi alat donor mengikuti kaidah atau aturan yang berlaku, dengan memperbaiki anggapan atau pendapat yang salh ini kita dapat menyelamatkan nyawa orang lain.
6. Ciptakan Papan Inspirasi
Ketika anda tengah mengadakan suatu pekerjaan atau proyek tempelkanlah sebuah papan yang menurut anda cukup untuk menyalurkan inspirasi,ide dan kreatifitas, photolah atau carilah gambar-gambar yang berhubungan dengan proyek anda sesuatu yang dianggap menarik dikala sedang menjalankan proyek tempel pada papan inspirasi dan cari hubungan yang mungkin terjadi antara gambar yang satu dengan gambar yang lain. Para perancang mode dunia telah lama menggunakan papan ini, sembari memberikan dan membentuk komposisi artistic yang berfungsi sabagai sesuatu yang memperluas pikiran dan sebagai petunjuk-petunujk konseptual. Berpikir melalui Visualisasi jauh lebih efektif dan lebih bermanfaat dari pada denagn cara yang lain
7. Carilah literature,buku atau apapun tulisan yang membahas tentang bagaimana berpikiran untuk memproses sebuah music, penciptaan sebuah lukisan, penciptaan sebuah bangunan (hubungan antara satu patung atau ruangan berpola artistic dengan runagn lain),identifikasi pola-pola dan hubungan gagasan yang mungkin membutuhkan cara-cara yang baru untuk saling berbicara satu sama lain dengan gagasan yang saling efektif,efisian dan saling mendukung satu sama lainnya.
8. Lakukan Curah gagasan (Brainstorming)
Kumpulkan rekan,partner atau teman yang memiliki visi atau pemikiran yang sama tentang sesuatu, Curah gagasan yang benar dan efektif adalah tidak bersifat bebas dan acak atau tidak teratur,mereka mengikuti struktur yang terbukti memunculkan gagasan yang bagus. Untuk melakukan curah gagasan (searing ide) yang efektif dan benar ikutilah aturan-aturan ini (diambil dari Buku Tom Kelley yang berjudul the face of innovation) kaidah tersebut adalah:
1. Kejar Kuantitas gagasan yang muncul
Yang dimaksud di sini bukan jumlah personalnya atau orangnya yang banyak akan tetapi jumlah gagasan yang dikeluarkan oleh orang yang mengikuti searing ide tersebut kalau efektif dan membutuhkan pemikiran dari beberapa orang mengapa harus banyak orang? Akan tetapi perlu diingat juga 25 kepala akan jauh lebih baik dari 5 kepala baik dalam pemikiran ide maupun pendapat jadi lakukanlah ecara effectif esuai dengan situasi yang ada!
Gagasan-gagasan yang bagus munculnya dari banyak gagasan yang ada tentunya membutuhkan pemikiran dan gagasan yang banyak. Susunlah tujuan yang numeris atau tersusun secara sistemati katakana lah jumlahnya banyak sampai 100 gagasan
2. Dorong Munculnya gagasan-gagasan yang liar atau terkesan mustahil dan gila
Ekstremisme terkadang dibutuhkan dan dianggap sebagai nilai yang baik,karena gagasan yang tepat seringkali mengalir dari apa yang mulanya Nampak ekstrem dan asing
3. Ciptakan gambaran-gambaran
Gambaran dapat berupa tulisan atau pemikiran dan sketsa,gambaran yang dapat memotivasi atau dapat membuka kreatifitas
4. Tunda Penilaian
Tidak ada sesuatu sebagai suatu gagasan yang buruk oleh karena itu buanglah orang-orang yang skeptic,pertama kali anda harus berpikir secara kreatis dan selanjutnya mulailah dengan cara kritis! Buang jauh-jauh dengan kebiasaan yang telah berjalan lama karena sebuah gagasan yang bagus dan matang akan dimentahkan dengan keniasaan atau traisi yang telah berjalan lama dan telah disakralkan.
5. Satu Percakapan dalam satu waktu
Dengar, Berlaku sopan dan jadikan gagasan-gagasan orang lain untuk membangun gagasan-gagasan yang akan kita kemukakan dan Jangan sekali-kali beranggapan skeptic terhadap gagasan orang lain dan jangan sekli-kali menganggap gagasan orang lain buruk hormati dan syukuri gagasan orang lain sebagai sumber ide untuk membangun gagasan yang lebih cemerlang dan lebih hebat!
6. Catat klasifikasi dan berpikirlah
Catat semua gagasan yang telah atau sedang terlontar dari pemikiran orang lain kedalam suatu daftar periksa dan baca dengan seksama serta klasifikasikan gagasan yang searah atau seide berpikirlahgagasan apa yang akan saya lontarkan yang dapat menfasilitasi atau yang dapatmencakup kepentingan dari semua gagasan tersebut biasanya gagasan yang akan muncul akan lebig dasyat atau setidaknya kita telah memiliki gambaran besar tentang visi dari gagasan yang telah dilontarkan dan secara otomatis wawasan dan cara pandang kta tentang sesuatu masalah atau sesuata gagasan lebih terbukan dan lebih bijaksana………………..(hasil pemikiran saya sendiri)
9. Rayakan Keamatiran Anda
Jangan sekali-kali bangga terhadap kemampuan anda,atau keahlian anda atau anda merasa kuat,percaya diri bebas bergerak dan merasa mampu, Jika anda menginginkan sebuahkehidupan yang kreatif maka berusahalah melakukan sesuatu yang anda merasa tidak bias dan alamilah serta rasakan keindahan dari kesalahan-kesalahan yang anda biat. Petik hikmah dan manfaat dari kesalahan tersebut buang jauh-jauh pemikiran atau dampak negative yang ditimbulkannya. Dan akan lebih indah lagi jika perbuatan-perbuatan diatas dilakukan dan dirasakan untuk benar-benar memahami lingkungan dimana anda melakukan hal tersebut.
10. Cari Ruang-ruang Negatif
Ruang negative adalah bagian-bagian dari gambaran besar yang seringkali diabaikan. Karenanya latihlah mata anda (Visualisasi anda) untuk melihatnya. Ketika anda berjalan melintasi took atau halaman sebuah majalah lihatlah dengan cepat apa yang paling menonjol (atau menarik) dan periksalah apa yang ada diantaranya,diluar dan disekitarnya. Kesadaran melihat dan menilai ruang negative akan mengubah pandangan anda terhadap suatu lingkunagn sekitar anda, dan ia akan menjadi ruang positif bergerak kefokus, ini juga akan membuat anda terkejut. Ini juga akan melahirkan empati anda terhadap lingkungan dan sangat mungkin akan menimbulkan ide gila yang bagus! Sebab ruang negative sangat jarang diperhatikan dan diamati oranghal ini juga menurut atau tunduk pda kaidah alam ada runga bagus positif disatu sisi juga akan terdapat ruang yang negative akan tetapi sebuah ruang negative tidak selalu buruk!
4. EMPATI
Tidak hanya Logika akan tetapi juga EMPATI, Ya ..empati juga merupakan salah satu dari keenam tingkat kecerdasan otak kanan. Kapasitas untuk berpikir sesuatu yang logis adalah salah satu hal yang membuat kita menjadi manusia. Namun dalam sebuah dunia yang penuh dengan informasi yang menyebar dan alat-alat analitis yang maju, logika sendiri akan tidak biasa. Contoh ketertarikan seseorang pria dengan wanita , apa yang akan membedakan mereka berkembang dengan cepat boleh jadi karena mereka memiliki kemampuan untuk memahami apa yang membuat teman laki-laki atau perempuan bergerak untuk mempererat hubungan mereka serta peduli terhadap orang lain yang ada disekitar mereka.
Empati adalah suatu cara dan kemampuan untuk membayangkan diri anda berada dalam posisi orang lain dan memahami dengan intuisi apa yang dirasakan orang lain. Ia merupakan suatu kemampuan untuk mengalami dan merasakan dari sudut pandang orang lain,ia juga sesuatu yang muncul atau sesuatu yang kita lakukan secara spontan dan ia merupakan suatu tindakan naluriah yang dialakukan dengan ketidak sengajaan. Perlu diingat dan diperhatikan bahwa empati tidak sama dengan simpati, simpati merupakan perasaan penyesalan terhadap orang lain ia merupakan perasaan dengan orang lain merasakan apa yang mungkin terjadi apabila kita menjadi orang itu. Empati merupakan tindakan imajenatif yang brani, merealisasikan virtual yang tinggi memasuki dunia orang lain untuk mengalami dunia dari prespektif orang itu jadi kita memposisikan diri kita tetap sebagai orang diluar orang lain tersebut atau memposisikan dirikita sebagai kita sendiri.
Cara untuk mengasah atau untuk meningkatkan kemampuan ini dapat dilakukan dengan :
1. Lakukan Tes terhadap diri anda sendiri
Para psikologi telah menciptakan cara untuk mengetes seberapa besar kecerdasan empati anda yang terdapat secara gratis di Internet dan tentunya berbahasa inggris. Maka mulailah merancang suatu untuk mengetes empati yang anda miliki diantaranya tes tersebut adalah :
o Emphaty Quotion (kecerdasan Empati)
Mengukur EQ anda denagn instrument enam puluh pertanyaan simon baron-cohen, yang akan menentukan apakah anda memiliki “otak perempuan” atau otak laki-laki” juga ukurlah kemampuan sistimatisasi (info lengkap di tiyur.com/dbsd8, untuk info tentang SQ: Tiyur.com/7taj8)
o Spot the fake smile (identifikasikan senyum yang palsu)
Untuk membantu mengetahui seberapa pandainya kita melihat sesuatu yang dilakukan secara alami atau sesuatu yang diciptakan secara terpaksa! Carilah gambar-gambar orang tersenyum lihat dan beli penilaian apakah palsu atau tidak serta kemukakan pendapat dan alas an anda terhadap senyum tersebut.
o Mint In the eyes test (tes pikiran dalam mata)
Mengukur kemampuan kiat untuk mengidentifikasi ekspresi wajah hanya dari mata seseorang,lakukanlah tes ini dengan teman anda dengan cara mengambil photo seseorang dalam berbagai posisi, tutup wajah tersebut dan sisakan pada bagian mata saja dan tebak apakah ekspresi wajah dari mata photo tersebut, senangkah?susah?tersenyum?atau marah!
2. Dengar Secara diam-diam
Konsentrasilah dan dengarkan percakapan orang yang berada disekitar anda dan bayangkanlah apabila anda berada di posisi salah satu diantara mereka dan larutlah dalam percakapan mereka. Rasakan apa yang anda rasakan? Apa yang anda lakukan dan apakah yang anda pikirkan, berperanlah sebagai salah stu tokoh dari kedua orang tersebut. Atau anda dapat berlatih dengar mendengarkan percakapan orang lain tanpa anda melihat orang tersebut bayangkan,tebak berapa usia orang tersebut,ciri-ciri apa yang ada pada orang teburset,orang tersebut bersuku apa? dan karakter apa yang dimiliki orang tersebut!dan bandingkan jawaban anda dengan cirri-ciri orang tersebut dan seakurat apa tebakan anda!
3. Mainkan Peran anda sebagai “Kehidupan orang lain”
Mintalah salah seorang teman anda(dari satu team) untuk meminjamkan dompet,tas atau tas pinggangnya juga mintalah teman anda untuk mengeluarkan barang-barang dalam tas itu yang ada tertera atau tercantum namanya kemudian dikumpulkan dalam sebuah kelompok yang beranggotakan lima atau enam orang dan secara acak lihat lagi isinya dari barang-barang tersebut tanpa mengetahui milik siapakah barang-barang tersebut,untuk menentukan jenis kehidupan apa(personal),profesi,emosional dan sifat yang dijalani oleh orang yang memiliki barang tersebut hanya dengan mendeteksinya dari baran-barang yang dimiliki oleh orang terebut misalnya apakah tas tersebut penuh dengan barang-barang yang teratur atau berantakan,jenis barang yang dibawa dalam tas atau tas tersebut tersusun rapid an tidak terlalu banyak barang yang dibawa!karena gaya hidup seseorang tercermin dari apa-apa saja jennies barang yang dibawa,macam barang yang dibawa,peletakan barang yang dibawa,atau jenis pakaian dan parfum yang digunakan. Bermain permainan seperti ini sangat menyenangkan akan tetapi ingat jaga kerahasiaan orang tersebut!!
4. Ber-Empati pada pekerjaan
Mestipun kita percaya pada apa yang disebut kecerdasan empati akan tetapi acap kali kita sering gagal mendemostrasikankepada setiap orang yang mengelilingi kita. Berikut ini adalah 2 teknik yang mampu menngkatkan empati kita dalam sebuah kelompok atau team
1. Satu Hari dalam Kehidupan
Apakah anda tau pekerjaan yang sesungguhnya yang dilakukan oleh kolega atau relai anda atau teman seprofesi anda. Aktifitas ini akan membantu anda untuk mengetahuinya:
Suruh setiap peserta untuk menamai atau mencantumkan namanya diatasselembar kertas dan kemudian buat empat katagori : Poin tertinggi, Poin terendah, kegagalan dan penghargaan. Pasanglah semua lembaran tersebut diatas dinding, dan suruh setiap orang berjalan di ruang tersebut dan menulis apa yang mereka kira sebagai jawaban atu penilaian terhadap koleganya! Apakah penghargaan besar paling banyak diterima oleh si A atau frustasi sering dialami oleh si C atau poin tertinggi dinilai berhak untuk D dan seterusnya setelah itu kumpulkan jawaban tadi dan bagikan kepada masing-masing hindividu dan bahas apa yang tertulis pada lembaran tadi antara peserta yang satu dengan yang lain saling member masukan dan saran dari penilaian tersebut!
2. Bagaimana saya sampai kesana?
Terkadang anda bekerja dengan banyak orang dalam suatu wilaya, mungkin anda hanya hafal dengan nama mereka dan jabatan mereka atau hanya hafal dengan asal dari mereka akan tetapi anda tidak mengetahui bagaimana cara atau cerita dari orang tersebut sampai bias memasuki perusahaan tempat mereka bekerja dari cerita-cerita inilah akan menggugah rasa simpatik anda tentang sejarah personal dari seseorang. Saya yakin ada yang ceritanya tragis atau mengalami unsure kesedihan,ada yang ceritanya dilator belakangi oleh unsure kesuksesan> Berbagi cerita tentang sejarah hidup bagaimana saya bias sampai sini akan menggugah rasa simpati,empati dan juga mempererat hubungan antara satu dan lainnya sehingga tercipta saling pengertian yang tinggi.
5. Lakukan Pembacaan Pikiran
Berusahalah baca pikiran seseorang dengan cara menebak melalui apa saja yang dia lakukan,gerakan tangan atau ekspresi dari wajah yang mereka tampilkan atau berusahalah membaca kemana arah pikiran orang lain dengan cara memperhatikan pembicaraan mereka. Karena pikiran seseorang tercermin dari perbuatan yang mereka lakukan.
6. Menjadi Sukarelawan
Cara hebat untuk mempertajam rasa empati kita adalah dengan mengejar pengalaman sebagai sukarelawan. Abdikanlah kemampuan anda untuk memperjuangkan sesuatu dalam komunitas relawan anda. Anda bias saling berbagi pengalaman dan merasakan apa yang kalian perjuangkan betapa menyenangkan atau betapa beratnya!
5. PERMAINAN
Tidak hanya keseriusan akan tetapi permainan.Bukti-bukti yang falit dan juga akurat telah ditemukan oleh para ahli kesehatan dan kejiwaan tentang konsep positif dan manfaat yang ditimbulkan oleh Ketwa(tertawa),bersikap tenang,permaianan dan humor. Tentunya juga ada kalanya kita harus bersikap serius dalam waktu-waktu tertentu akan tetapi sikap serius janganlah terlalu di jalankan sampai berlarut-larut serius boleh akan tetapi harus diselingi oleh kegiatan-kegiatan yang lain yang bersifat menghibur. Banyak penelitian yang mengatakan berserius yang berlebihan akan berdampak pada kejiwaan dan berdampak pada lingkungan serta bermuatan nilai negative.
Seperti lima kecerdasan yang lain permainan merupakan kecerdasan yang timbul dari baying-bayang ketidak seriusan dan mengambil sebuah tempat dari pusat perhatian. Homo ludens (manusia yang bermain) terbukti sama efektifnya dengan homo sapiens (manusia mengetahui) dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Permainan menjadi bagian yang penting dari sebuah pekerjaan, Bisnis dan kesejahteraan pribadi kebermaknaanya mewujudkan diri pada tiga hal yaitu permainan,Humor dan kesenangan
Permaiana: Khusnya permainan game computer/video game/play station menjadikan sebuah komuditi industry bedar dan berpengaruh yang mengajarkan pelajaran-pelajaran yang menggunakan otak yang utuh kepada para pelanggannya dan merekrut genarasi baru yang berani dan trampil dalam menggunakan otaknya yang utuh.
Humor : memperlihatkan dirinya sebagai pertanda yang akurat bagi efektifitas manajeral, kecerdasan emosional dan gaya berpikir yang khas dari belahan otak sebelaah kanan, Orang yang pandai berkelakar dan melontarkan cerita-cerita humor berarti dia emiliki tingkat kecerdasan otak kanan yang lebih dibandingkan orang lain karena seseorang berhumor nerarti dia telah menghidupkan daya imajenasi,simpatik,desain dan juga emosionalnya ke dalam suatu perbuatan yang dapat mengundang refleksionalisasi terhadap kesenanangan orang lain.
Kesenangan: dicontohkan dengan ketawa yang tulus dan lepas mendemontrasikan kekuatan yang akan membuat kita lebih produktif dan puas.
Cara untuk merangkan kecerdasan ini adalah dengan
1. Carilah kelompok atau kumuniti?kumpulan orang orang yang senang tertawa atau kelompok ketawa.
Tertawalah selagi anda bias ketawa karena diyakini ketawa merupakan terapi melawan penyakit dengan cara menghidupkan atau mengaktifkan hormone-hormon yang penting dlam tubuh kita. Dengan ketawa kondisi stress dan problem yang kita hadapi biasa sejenak kita kurangi beban sertakapasitasnya yang masuk dalam pikiran kita.atau kalau anda mampu buatlah klup ketawa didaerah anda dengan pendaftaran serta free member. Carilah sumber-sumber yang membuat kita ketawa seperti rekaman video lucu, permaiana yang unik dan lucu atau kumpulan bayolan dari beberapa grup lawak! Usahakan tertawa anda tulus dan lepas!
2. Amati kejadin-kejadian aneh yang anda alami selama sehari, beri catatan khusus tentang kejadian lucu, kejadian usil dan kejadian yang menarikbuat catatan dan ingat kejadian tersebut dalam team anda atau kelompo kerja anda saling bertukar kelakar dan cerita humor akan membuat suasana yang tenang dan senang!
3. Bermainlah sebuah Game dan jalani hobby anda
Bermainlah sebuah game dikala hati atau suasana tidak mengenakan, Pilihlah game-game yang memang menyenangkan hati anda apabila anda bias larut dalam game tersebut berarti anda telah mengasah tingkat kesenangan anda, catat beberapa hobi yang paling anda nikmati ebtah menggambar, lukis, bermain music atau nyanyi! Usahakan salurkan hobi anda di sela-sela kesibukan anda! Ada beberapa situs game yang terkenal:
Game spot ((www.game talk.com),game zone (www.gamezone.com), Newsgaming (www.Newsgaming.com), Open directory project video game (www.dmoz.org/games/video_games/full index.html), There (situs game petualangan online)(www.there.com) dll
4. Kembalilah ke masa kecil anda!
Mungkin ini suatu hal yang secara rasional tidak akan terjadi atau kurang masuk akal,kita tidak mungkin lagi balik ke masa kecil kita, cara terbaik untuk berhubungan dengan masa kanak-kanak anda yang paling dalam adalah keluar untuk bermain. Cari tempat-tempat yang suasananya mendekati dengan suasana pada saat anda masih kanak-kanak seperti jalan-jalan ke sebuah taman kanak-kanak atau sekolahan yang banyak terdapat anak-anak bermain perhatikan dengan cermat tingkah dan polah mereka salah satu dari peristiwa yang anda perhatikan terebut pasti ada yang menggugah anda untuk ikut atau pingin larut bermain dengan anak-anak tersebut dan menggugah anda untuk tersenyum.atau anda bias mengunjungi ke panti asuhan dan larut serta ikut larut dalam pernaibab mereka dan bayangkan bahwa pada saat anda bermain umur anda sesuai atau seusia mereka.
5. Analisis sebuah Lelucon
Contohnya ada beberapa pendeta,rahib dan biara wati masuk ke sebuah bar dan penjaga ber terheran-heran dan bertanya”apakah ini lelocon?” jawabannya tentu saja Ia,nah alas an yang menganggap ini sebagai lelucon itu apa?apa arti kelucuan ini atau apa yang buat cerita ini lucu dan apakah ada makna dibalik lelucon yang terlontar ini. Analisislah lelucon seperti model diatas dengan seksama,nyantai akan tetapi esenialnya mengena, Tertawalah ketika lelucon itu lucu dan berpikirlah ubtuk apa lelucon ini di buat dan apa tujuannya sang pengarangnya apakah Hanya untuk menghibur atau ada misi lain!
6. Ciptakanlah karya humor yang dapat memancing orang lain yang berupa cerita dan gambar!
Buatlah cerita atau alur sebuah kisah yang mengandung unsure humor atau buatlah sebuah teka teki yang jawabannya merupakan unsure dari humor coba buatlah sebanyak-banyaknya dan koleksilah cerita atau gambar tersebut selam seminggu,dan bertekadlah meningkat dari minggu ke minggu dan coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan buatlah karya baru yang lucu!
6. MAKNA
Tidak hanya akumulasi tetapi juga Makna. Hidup kita dalam sebuah dunia yang berisi berbagai macam limpahan materi yang menarik, ini membebaskan ratusan juta orang dari perjuangan sehari-hari dan dan membebaskan kita untuk mengejar kesenangan yang lebih bermakna: memiliki tujuan, Transendensi, dan pemenuhan spiritual.Makna merupakan sesuatu yang erat kaitannya dengan spiritual, arti kebahagian dan perjuangan hidup untuk menggapai suatu tujuan serta perasaan yang memiliki suatu arti tertentu!Makna juga berarti penilaian,kesan yang dikeluarkan oleh diri kita atau orang lain terhadap suatu tindakan kita atau tindakan orang lain.
Untuk meningkatkan atau memngasah kecerdasan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana diantaranya :
1. Sesering Mungkin Mengucapkan kata terimakasih
Ucapan terimakasih dapat berfungsi . Perasaan-perasaan terimakasih meningkatkan kesejahteraan dan memperdalam perasaan seseorang erhadap makna. Penelitian saligman dan beberapa karya ilmuwan yang lainyang sedang meneliti dan mempelajari pikologi positif menyatakan bahwa ucapan terimakasih merupakan satu unsure yang penting dari salah satu kebahagian personal. Orang-orang yang berterimakasih pada hal-hal khusus pada masa lalu mereka, yang tinggal dalam kesuksesan manis ketimbang kekecewaan-kekecewaan yang pahit cenderung lebih puas pada masa sekarang ini, Kunjunagan terimakasih dan ucapan terimakasih akan menjadi satu cara yang sangat efektif untuk meningkatkan intensitas,durasi dan frekuensi dari Ingatan positif. Dengan kata lain ucapkanlah kata terimakasih terhadap suatu hal,baik hal yang besar atau hal-hal yang kecil tentang hal-hal yang anda anggap menuntungkan atau bernilai positif dalam kehidupan anda bauk pada para tetangga atau para sahabat,teman bahkan pada sang Maha Pencipta.
2. Lakukan Tes terhadap 20-10 orang
Tes yang dilakukan oleh Jim kolin yang mendorong banyak orang untuk melihat pada kehidupannya khuusnya mengenai pekerjaan dan nyatakanlah pada diri mereka apakah mereka masih melakukan apa yang mereka lakukan seperti sekarang atau melakukan kebiasaan-kebiasaan rutin mereka jika mereka mendapatkan hadiah tanpa syarat sebesar 1 Milyart atau lebih? Atau jika mereka di fonis umur mereka hanya satu bulan lagi apakah kegiatan rutin tersebut masih mereka lakukan?Jika jawabannya tidak berarti ia akan lebih mewarnai atau melakukan perubahan di penghidupannya agar lebih bermakna dan lebih berkesan lagi. Tes ini sebenarnya merupakan pendekatan yang cerdas dan memberikan klarifikasi bahwa seseorang yang hidup didunia akan menginginkan kehidupannya bermakna baik bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat lainnya.
3. Periksa waktu anda
Buatlah sebuah daftar singkat tentang apakah yang paling penting untuk hidup anda(Orang,aktifitas dan nilai). Buat juga daftar dan waktu tentang perbuatan-perbuatan yang positif dan yang negative pada akhir hari koreksilah apakah hal-hal yang positif yang anda lakukan dalam sehari lebih banyak dari pada hal-hal yang negative yang ada dalam hidup anda atau kita dapat membuat parameter pahala dan dosa, sekecil apa dosa atau paha tersebut harus kita tulis dalam daftar dan hitinglah waktu yang anda pakai buat beribadah,buat istirahat buat tidur dan buat kerja Bila penilaian anda positif dalam artian berhasil maka hidup anda telah bermakna dan harus di tingkatkan lagi secara frontal dan segnifikan!
4. Persembahkan Hasil kerja anda
ANda dapat mempersembahkan pekerjaan anda sendiriseperti presentasi, panggilan penjualan atau laporan kerja anda kepada orang yang anda kagumi atau yang sangat penting dalam hidup anda. Anda akan dapat memasukkan pekerjaan anda dengan tujuan dan makna ketika anda memikirkannya sebagai sebuah pemberian, Jadi intinya bekerjalah bersungguh-sungguh unruk orang yang kita cintai dan syukurilah apa hasil yang dihasilkannya
5. Bayangkan dan gambarlah diri anda pada usia 90 than
Sisihkan waktu dakam beberapa menit untuk membayangkan,menggambar dan nerenungi apa bentuk atau gambaran diri kita setelah mencapai usia 90 tahun, seperti apa kehidupan anda saat itu?apa yang telah anda selesaikan? Sehingga pada saat anda sadar anda akan dapat menakar dan menilai tingkat kehidupan anda yang bermakna atau yang kurang bermakna!!
Semoga bermanfaat!
Sumber : MIsteri otak kanan manusia (Daniel H Pink)


0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com