selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

ANEH dan UNIK !!! JEMBATAN TERBUAT DARI RAJUTAN AKAR POHON DI INDIA, INDONESIA DAN JEPANG !!

Written By unik on Rabu, 10 Maret 2010 | Rabu, Maret 10, 2010



JEMBATAN AKAR DI INDIA
-
-
Di pedalaman timur India, salah satu daerah terlembab di dunia, ada beberapa jembatan terbentuk dari akar pohon karet. Penduduk Khasis di Cherapunjee menggunakan batang pohon pinang yang dibelah kemudian membuat cekungan untuk tempat merambatnya akar. Ketika akar yang merambat melalui pobon pinang yang melintang di atas sungai sesampainya di seberang sungai, akar tersebut kemudian dirambatkan ke tanah. Akar ini dibiarkan tumbuih cukup lama hingga menjadi kokoh.
-
Jembatan akar yang panjangnya lebih dari 30,5 meter, memerlukan waktu 10 sampai 15 tahun untuk berfungsi penuh, dan jembatan ini sangat kokoh ! Jembatan ini mampu menahan beban 50 orang lebih sekaligus.
-
-
-
-
-
Salah satu jembatan akar yang paling unik di Cherrpapunjee adalah jembatan akar rangkap duaUmshiang” yang terdiri dari 2 jembatan yang bersusun. Jembatan dari akar yang masih hidup ini diperkirakan telah berusia 500 tahun lebih (Sumber: Funzug).
-
-
-
-
-
-
-
-
JEMBATAN AKAR DI SUMATERA BARAT
-
Jembatan akar yang diperkirakan telah berumur sekitar 100 tahun (gambar atas dan gambar di bawah) terletak kurang lebih 88 km sebelah selatan kota Padang dan tak begitu jauh dari kota Painan, tepatnya di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.
-
Jembatan ini dibangun dengan merangkai akar dari 2 pohon yang masing-masing tumbuh di kedua belah sisi sungai. Jenis pohon tersebut adalah pohon beringin / pohon kubang (ficus sp) yang banyak tumbuh di sekitar sungai di mana tempat jembatan akar tersebut dibangun.
-
Konon, jembatan ini didesain oleh seorang ulama bernama Pakih Sokan. Pembangunan jembatan dilakukan sebagai upaya untuk menghubungkan dua kampung yang dipisah oleh sungai. Pembangunan jembatan dimulai pada tahun 1890 dan baru dapat digunakan oleh mayarakat setempat pada tahun 1916. Dengan kata lain, proses merajut akar menjadi jembatan ini membutuhkan waktu lebih kurang 26 tahun. (Sumber: Indotim dan Eegedekeras).
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
JEMBATAN AKAR DI BANTEN
-
-
Inilah jembatan kebanggaan orang Kanekes, yang lebih dikenal sebagai urang Baduy, di Kabupaten Lebak, Banten. Jembatan akar yang tiada duanya di Pulau Jawa ini panjangnya 25 meter yang melintang di atas aliran sungai (Ci) Simeut itu adalah anyaman akar pohon yang masih hidup. Benar-benar akar hidup, meski dalam konstruksi tersebut diletakkan beberapa batang bambu sebagai pijakan kaki.
-
Akar yang dianyam adalah akar Karet Munding (Ficus elastica) yang bisa tumbuh besar, panjang dan menggantung. Tentu butuh waktu lama untuk membuatnya, puluhan tahun. Sedikit demi sedikit akar-akar dianyam, dibiarkan tumbuh, dan dianyam lagi. Oleh karena itu, selain merupakan produk kreatifitas, jembatan akar adalah produk kesabaran yang monumental ! (Sumber: Okasumarlin , Foto: Androsa).
-
-
-
JEMBATAN AKAR DI JEPANG
-
Jembatan ini terbuat dari jalinan tanaman rambat (vine) dan terletak di Lembah Iya (Iya Keikoku), Jepang. Panjang jembatan lebih dari 42,6 meter, melintang di atas sungai Iya. Beberapa orang percaya bahwa jembatan tanaman rambat ini terbentuk pada abad ke 12. (Sumber: Funzug).
-
-
-
-
-
-
-
Foto jembatan di atas diambil gambarnya pada tahun 1880.
-
-
-
-



sumber :http://iwandahnial.wordpress.com/2010/03/09/jembatan-terbuat-dari-rajutan-akar-pohon-di-india-indonesia-dan-jepang/


0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com