selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Exclamation [Breaking News] Pasar Senen Kebakaran, Diduga Kebakaran Disengaja

Written By unik on Kamis, 11 Maret 2010 | Kamis, Maret 11, 2010

Quote:
Sebanyak 29 unit kendaraan pemadam kebakaran (damkar) Provinsi DKI Jakarta dan Kodya Jakarta Pusat berhasil menjinakkan api yang membakar Pasar Inpres Senen Blok VI, Kamis (11/3) dinihari sekitar 02.00 WIB.

Petugas Damkar Provinsi DKI Jakarta, Badir, Kamis, mengatakan petugas sudah berhasil memadamkan api, namun masih siaga di lokasi kejadian, karena khawatir sumber api kembali melalap bangunan.

"Petugas masih berjaga hingga api benar-benar mati," ujar Badri.

Badri menuturkan pihaknya belum bisa menyebutkan penyebab atau asal sumber api maupun jumlah bangunan atau kios pedagang kaki lima (PKL) yang terlalap "si jago merah" karena petugas masih sibuk mengevakuasi bangunan.

Hingga saat ini belum ada laporan korban luka maupun meninggal dunia akibat insiden ludesnya kios permanen di belakang Terminal Pasar Senen itu.

Situs "Traffic Management Center" Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya menyebutkan petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Metro Senen menyelidiki penyebab insiden kebakaran itu.

Polisi juga mengarahkan jalur kendaraan yang melalui Pasar Senen untuk melewati Terminal agar tidak mengganggu lalulintas.

Sedangkan, seorang saksi mata, Randi menyatakan kebakaran itu mayoritas melalap bangunan kios penjual pakaian impor dan tas sehingga mempercepat dan memperbesar kobaran api.

Sebelumnya, sejumlah kios pedagang kaki lima (PKL) yang berada di Blok-6, Pasar Inpres Senen, Jakarta Pusat, ludes terbakar, Kamis (11/3) dinihari sekitar pukul 00.30 WIB. (T014/K004)

Sumber : Antaranews


Quote:
Kebakaran Pasar Senen, 200 Kios Sepatu Ludes

Kebakaran di Pasar Inpres Senen, sejak Rabu tengah malam menghanguskan sekira 200 kios di lantai satu pasar tersebut.

“Api juga melalap gudang sepatu dan tas di lantai atas,” ungkap Wakapolres Jakarta Pusat AKP Supriyanto ditemui okezone di lokasi kejadian, Kamis (11/3/2010).

Bagian yang terbakar adalah kios yang berada dekat jalan hingga ke dalam bagian pasar, hingga mendekati tempat penjualan sayuran.

Menurut Supriyanto, api diduga berasal dari hubungan arus listrik di lantai satu. “Belum ada korban jiwa sejauh ini,” tambah dia.

Sekira 20 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Api pun dapat dijanakkan sekira pukul 01.30 WIB.

Api mulai melalap pada Rabu malam sekira pukul 23.50 WIB. Belum diketahui jumlah kerugian.

Quote:

Kebakaran Senen
Beredar Isu Kebakaran Disengaja


Sumber api yang menghanguskan ratusan kios Proyek Senen, Jakarta Pusat hingga kini belum diketahui. Sejumlah pedagang menduga sumber api berasal dari lilin yang dinyalakan saat mati lampu.

"Tadi memang sempat mati lampu pukul 11.30 WIB. Katanya orang-orang pada beli lilin tapi udah dinyalain ditinggal," kata Herman pedagang VCD di lokasi Jl Senen Raya, Jakarta, Rabu (11/3/2010).

Isu kebakaran disengaja pun menyeruak dikalangan pedagang. Beberapa pedagang menduga, kebakaran ini sengaja ditimbulkan karena Pasar Senen akan direnovasi namun pedagang tidak ingin pindah.

"Kita yakin ini dibakar orang dengan sengaja. Karena rencananya pasar ini mau direnovasi, tapi kita belum siap untuk pindah," tambah Herman.

Pantauan detikcom, ratusan pedagang dan warga masih menyaksikan proses pemadamam. Sejumlah barang berupa tas dan pakaian yang berhasil diselamatkan ditaruh dipinggir jalan bersama dengan pemiliknya. Arus lalulintas dari arah Ancol menuju Salemba ditutup tepat didepan Pasar Senen. Sementara itu dari arah Salemba menuju Ancol diberlakukan buka tutup. Sedikitnya seratusan kios sepatu, tas dan pakaian hangus terbakar. Kerugian hingga kini belum bisa diperkirakan.

Ketika para pengusaha kelas kakap ingin menguasai pasar, maka cara-cara mafia sangat mungkin dilakukan. Dan menurut Ketua Apindo, secara statitik, tiap minggu 1 pasar tradisional dibakar secara sengaja, guna membumihanguskan usaha pedagang kecil. sumber ;http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3573792
 


 


0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com