selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Tank Terbesar dan Terberat di Dunia

Written By unik on Kamis, 11 Maret 2010 | Kamis, Maret 11, 2010

Silakan di Simak

Tank Terbesar dan Terberat di dunia
Namanya PANZER VIII MAUS



Nama Panjangnya Panzerkampfwagen VIII Maus, merupakan tank paling berat yang prototypenya diselesaikan selama PD II. Rancangan dasar Tank ini diusulkan oleh Ferdinand Porche kepada Hitler pada bulan Juni 1942, Hitler langsung menyetujui dan memerintahkan Porche sebagai pemegang kontrak untuk membuat tank superberat ini.




Pengerjaan sang monster terhitung cepat, prototype pertama dibuat pada 1943, awalnya tank ini diberi nama MAMUT atau Mammoth dalam bahasa Inggris, nama yang pas karena terinspirasi dari gajah jaman prasejarah yang besar dan kuat, namun akhirnya nama itu kemudian diubah menjadi Mauschen(mausie) pada Desember 1942 sebelum akhirnya diputuskan menggunakan nama Maus (mouse) pada Februari 1943.



Tikus raksasa ini sangat besar, panjang lambungnya 10,1m, lebar 3,67m, dan tinggi 3,66 m, dan bobotnya sekitar 188.000 kg atau 188 ton, sementara untuk Tank terberat, terbesar dan tercanggih saat ini Challenger 2, hanya berbobot 62 ton, yang berarti tak sampai setengahnya.



Untuk persenjataan Maus menggunakan Kanon 128mm,dengan senjata bantuan 75mm, dengan ketebalan baja 40-240mm. Maus dioperasikan oleh 6 awak, dan rencananya akan diproduksi hingga 200 unit, namun hingga akhir perang, hanya dua unit yang berhasil dibuat. Bisa dibandingkan dengan Tank Jaman sekarang Gan, kebanyakan hanya menggunakan kanon 120mm, lapisan baja komposit, dan maksimal diawaki 4 orang.



Ketika akhirnya pengerjaan Tank ini berjalan, dan berhasil dibuat, para insinyurnya tak mampu menjawab satu pertanyaan penting, Mesin apakah yang mampu menggerakkan Monster ini secara efektif? mesin yang diinginkan haruslah dapat menempuh 20 Km/jam, namun pada kenyataannya tak satupun mesin di kala itu yang mampu mencapai kecepatan diatas 13 km/jam dengan bobot kendaraan hampir 200 ton.

Selain itu pula, dengan berat seperti itu, tidak ada satupun jembatan yang akan mampu menahan bobotnya, karena terlampau berat, sehingga para insinyurnya mencari akal dengan cara membuat snorkel diatas Maus, sehingga Maus bisa berjalan di dasar sungai, dan memiliki kemampuan selam 45 kaki.


Spesifikasi :
Panzerkampfwagen VIII Maus
Pembuat : Ferdinand Porche
Tahun Produksi : 1943
Awak : 6 Orang
Persenjataan : Kanon 128mm, kanon bantuan 75mm, 2 machine Gun MG42
Dimensi : Panjang 10,1m; Lbr 3,67 ; tinggi 3,66m ; tebal baja 240mm
Bobot Tempur 188.000 kg (188 ton)
Mesin : Daimler-Benz MB 509
Performa : Kecepatan Max 13 Km /jam
dapat menyelam dan berenang dengan ketinggian 45kaki.








sumber: kaskus


0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com