selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Detik-Detik Menakjubkan Saat Gerhana Venus Tadi Malam

Written By unik on Minggu, 16 Mei 2010 | Minggu, Mei 16, 2010

Quote:
Okultasi adalah suatu peristiwa yang terjadi ketika satu benda tersembunyi oleh benda lain yang lewat di antara pengamat. Okultasi Venus, adalah saat dimana planet Venus akan tertutup oleh Bulan. Fenomena ini akan terjadi pada Ahad, 16 Mei 2010 ini menjelang dan setelah Matahari terbenam di ufuk Barat. Okultasi Venus ini adalah peristiwa yang sangat jarang terjadi, bisa-bisa seumur hidup kita hanya bisa melihatnya sekali.


Quote:
Okultasi, Transit dan Gerhana.

Okultasi adalah peristiwa dimana benda A tertutup oleh gerakan benda B yang berada di antara benda A dan pengamat. Contoh Okultasi planet Venus oleh Bulan pada 16 Mei 2010 ini, sehingga kenampakan planet Venus menjadi hilang karena tertutup oleh Bulan.

Transit adalah kebalikan dari Okultasi. Transit terjadi bila ada benda kecil yang lebih dekat dengan pengamat melintasi benda lain yang lebih besar namun lebih jauh, seperti transit Merkurius atau Venus saat melintasi piringan Matahari.

Gerhana adalah peristiwa bergeraknya benda melintasi bayangan benda lain. Contoh ketika Bumi melintasi bayangan Bulan saat terjadi gerhana Matahari (istilah yg sebenarnya salah). Gerhana Matahari sebenarnya adalah Okultasi Matahari oleh Bulan. Masing-masing tiga peristiwa adalah efek yang nampak dari sebuah syzygy.
Quote:
Penampakannya Gan


Spoiler for Gerhana Venus:
Quote:
Okultasi: Venus muncul di sisi lain bulan yang baru saja telah hilang cahayanya oleh satelit




Spoiler for Gerhana Venus:
Quote:

Eclipse: Dikenal astronom sebagai sebagai okultasi planet, fenomena ini diamati di langit senja ketika datang bulan antara Venus dan Bumi



Spoiler for Gerhana Venus:
Quote:
Celestial show: gerhana Venus jarang terjadi dan hanya terjadi ketika Bumi, Bulan dan Venus sejalan dengan satu sama lain
Quote:
Originally Posted by Os_Symbiyan View Post
di kalimantan tengah gan . . .diatap rumah ane jepret nya . . .
Quote:
Gerhana Venus, Kapan dan Dimana?

Ok lah, agar keren dan mudah dikenal orang awam, kita sebut saja Okultasi Venus dengan “Gerhana” Venus. Fenomena ini mulai terjadi saat Planet Venus melintasi piringan Bulan yang mengakibatkan “gerhana Venus” oleh Bulan pada Ahad, 16 Mei 2010. Dari wilayah Solo Raya dan sekitarnya, matahari akan terbenam pada jam 17:26 WIB. Beberapa saat setelah Matahari terbenam, maka langit mulai gelap dan pemandangan langit yang paling nampak adalah Bulan sabit dan sebuah planet paling terang yakni planet Venus.

Planet Venus akan memasuki wilayah gelap dari sisi Bulan bagian atas kanan sekitar jam 18:48 WIB, kemudian pelan-pelan seluruh permukaan Venus akan tertutup oleh Bulan. Inilah saat-saat yang disebut sebagai Okkultasi.

Planet Venus akan kembali muncul dari balik Bulan pada jam 19:30 WIB, dan kita tidak bisa menyaksikan, karena Bulan sudah pada posisi terbenam dari pandangan mata kita.
Quote:

Tahapan Kontak Okultasi Venus Tanggal 16 Mei 2010

Spoiler for pict:
Quote:
Videonya nih dari Jambi

Quote:


sumber



0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com