selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Jok Khusus untuk Para Pembalap

Written By unik on Kamis, 20 Mei 2010 | Kamis, Mei 20, 2010



SEBUAH perusahaan Inggris memperkenalkan sebuah jok sepeda motor revolusioner khusus bagi para pembalap. Dengan jok yang diberi nama Chicane Saddle, pembalap tidak perlu lagi mengangkat pantat untuk menggeser posisi duduknya saat melibas chicane (tikungan berbentuk S). Pasalnya jok ini memiliki mekanisme unik sehingga dudukannya dapat bergeser di atas rangkaian roller yang ada di bawahnya.

Jok sepeda motor adalah komponen yang kurang mendapat perhatian dari produsennya. Oleh karena itu Corbin menciptakan jok yang tidak sekadar benar-benar nyaman untuk perjalanan jauh seperti yang ditawarkan oleh produsen lain.

Bagaimana dengan para pembalap? Ia hanya diberi dudukan busa jok yang tipis yang tentu saja tak nyaman. Alasannya, para pembalap selalu berganti posisi di lintasan balap untuk memindahkan bobot tubuh guna mendapatkan keseimbangan saat melibas tikungan.

Posisi tubuh dan keseimbangan bobot sangat penting dan dengan jok unik ini para pembalap dapat mengatur posisi lewat tekanan pada pijakan kaki tanpa harus mengangkat pantat dari tempat duduk sehingga proses transisi dari sisi satu ke sisi yang lainnya dapat berjalan lebih mulus berkat adanya rangkaian roller yang ditutup lembaran karet yang mirip konstruksi conveyor

Menurut perancangnya, jok ini sangat bermanfaat untuk menghemat energi selama di lintasan balap. Karena tak perlu mengangkat pantat selama perubahan arah, itu berarti membuat posisi tubuh dapat terjaga lebih rendah sehingga mampu meningkatkan faktor aerodinamika.

Manfaat ketiga adalah saat ban belakang kehilangan grip dan bergeser kesamping (sliding) dan tiba-tiba ia mendapatkan grip-nya kembali yang menyebabkan bagian belakang motor bergerak liar. Dengan dudukan jok yang dapat bergerak fleksibel membuat sebagian energi gerakan ke samping tadi terserap sehingga membantu menjaga pengendara tidak terlempar dari tunggannya.

Mungkin ini sangat bagus bagi pembalap yang tentu saja merupakan pengendara profesional. Tapi bagaimana dengan para pengendara pemula?




Sumber : www.mediaindonesia.com


0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com