selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Operasi Usus Buntu diri sendiri

Written By unik on Jumat, 14 Mei 2010 | Jumat, Mei 14, 2010












Pada 29 April, 1961 seorang dokter dari ekspedisi Antartika Soviet 6, Leonid berusia 27 Rogozov merasakan sakit di perut kanan bawah dan demam. Hari berikutnya tidak ada harapan dan ia putus asa. Tidak memiliki kesempatan untuk memanggil pesawat dan menjadi satu-satunya dokter di stasiun “Novolazarevskaya”. Pada malam hari, pada bulan April tanggal 30 ahli bedah ini melakukan operasi pemindahan usus buntu pada dirinya sendiri menggunakan anestesi lokal. Dia dibantu oleh seorang insinyur dan ahli meteorologi stasiun.
Pada tahun 1959 Leonid Rogozov lulus dari Institut dan segera diterima residensi operasi klinis. Namun, studinya di permukiman itu terputus untuk beberapa waktu karena perjalanan Leonid ke Antartika pada bulan September, 1960 sebagai dokter dari ekspedisi Antartika Soviet 6, ke stasiun Novolazarevskaya. Selama ekspedisi inilah suatu peristiwa yang membuat seorang dokter bedah berusia 27 tahun ini yang terkenal di dunia.
Pada bulan ke-4 dari musim dingin, di 29 April 1961, tubuh Leonid menunjukkan gejala mengganggu: kelemahan, mual, demam dan nyeri di daerah perut bagian kanan. Keesokan harinya suhu tubuhnya bertambah tinggi. Sebagai dokter seorang diri dalam ekspedisi yang terdiri dari 13 orang, Leonid mendiagnosis diri sendiri dan ternyata apendisitis akut. Tidak ada pesawat di salah satu stasiun terdekat, selain itu, kondisi cuaca buruk tidak mengizinkan untuk terbang. Dan satu-satunya jalan keluar adalah mengoperasi dirinya sendiri.
Inilah fakta unik-nya. Pada malam hari, pada 30 April 1961, dokter bedah ini dibantu oleh seorang insinyur mekanik dan meteorologi yang memberinya alat bantu medis dan memegang cermin kecil di perutnya. Berbaring setengah membungkuk di sisi kiri, dokter membuat anestesi lokal dengan larutan novocaine dan membuat sayatan 12cm di daerah perut bagian kanan dengan pisau bedah.Entah menonton di cermin atau dengan menyentuh dia mengangkat apendiks meradang dan disuntik antibiotik dalam rongga perut. Dalam 30 atau 40 menit operasi ada masalah, ahli bedah itu merasa pusing dan harus berhenti untuk istirahat. Namun demikian, pada tengah malam operasi berlangsung 1 jam dan 45 menit sudah berakhir.
Dalam St Petersburg Museum Kutub Utara dan Antartika ada eksposur instrumen operasi bedah yang digunakan Leonid Rogozov.





 




sumber



0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com