selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Taal Volcano : Gunung Berapi Terkecil di Dunia

Written By unik on Selasa, 11 Mei 2010 | Selasa, Mei 11, 2010


Gunung berapi adalah kekuatan alam yang berbahaya yang dapat menyebabkan ledakan dahsyat dan memuntahkan lava mematikan. Setiap gunung berapi berbahaya, bahkan gunung berapi terkecil di dunia.




Spoiler for So what’s the smallest Volcano in the world?:

Gunung berapi yang terkecil yang ada sekarang ini dikenal sebagai Taal Volcano.

Spoiler for Geography:

Gunung berapi Taal terletak di dekat kota Tagaytay, Filipina di Pulau Luzon. Filipina terletak dekat dengan Malaysh*t dan gunung berapi ini tidak jauh dari ibukota, Manila.

Sekedar info, dulu kampusnya TS cmn 10 menit dari Tagaytay. Jadi bisa liat Gunung ini dari kota Tagaytay..persis kaya view yang ada di foto2 dibawah. TS juga pernah turun ke bawah, ke danau Taal-nya. Tapi sayang, foto2nya blom di-scan..:capedes potonya udah jadul pula :malus

Back to Taal Volcano...
Gunung ini dikelilingi oleh Danau Taal, yang sebenarnya dikelilingi oleh pulau besar lain. Taal Volcano disebut sebagai "Pulau Gunung Berapi" karena terletak di tengah danau dan studi telah menunjukkan bahwa bagian kecil dari gunung taal mungkin pernah menjadi bagian dari struktur gunung api yang lebih besar di seluruh daerah. Gunung ini terletak di belahan bumi utara, dan gunung berapi di dekatnya termasuk Pinatubo, dan gunung berapi Mayon Ragang.
Spoiler for Size:

Gunung berapi ini memiliki kawah setinggi 406 meter. Bandingkan dengan Gunung Mauna Loa (gunung berapi terbesar) yang memiliki tinggi sekitar 4,572 meter dari atas permukaan laut.

Spoiler for Features:

Gunung Taal begitu aktif bahkan para ilmuwan memberi label sebagai "Decade Volcano."
Label "Decade" berasal dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang melabeli tahun 1990-an sebagai Dekade Internasional untuk Pengurangan Bencana Alam, dan gunung berapi adalah salah satu masalah utama dengan banjir, badai dan bencana alam lainnya. Gunung berapi ini digunakan untuk studi intensif untuk mencoba dan melihat kapan dan bagaimana gunung berapi terjadi dan cara yang tepat untuk mengevakuasi daerah sebelum letusan besar terjadi. Ketika letusan akan terjadi, suhu danau meningkat secara dramatis, atau sejumlah besar ikan mati muncul karena asam vulkanik merembes ke dalam air.

Spoiler for Types:

Gunung Taal adalah sebuah stratovolcano, artinya adalah gunung berapi kerucut - lava meletus dari atas. Ini adalah kebalikan dari gunung berapi perisai, di mana gunung berapi yang sebenarnya tersebar di permukaan yang lebih besar, dengan tingkat letusan yang lebih kecil.

Spoiler for History:

Gunung api ini juga dapat menjadi salah satu gunung berapi yang paling aktif saat ini karena telah meletus lebih dari 20 kali sejak 1572. Pernah menjadi salah satu gunung berapi dengan letusan terbesar dari 33 gunung berapi terjadi pada tahun 1911 yang pernah direkam. Letusan ini diklaim merenggut lebih dari 1.000 nyawa karena gunung berapi ini dikelilingi wilayah padat penduduk pada saat itu. Letusan terakhir terjadi pada tahun 1977, tetapi sejak itu, gunung berapi ini telah menunjukkan banyak aktivitas tanpa letusan mengikutinya. Warga daerah tersebut selalu waspada, karena letusan bisa terjadi setiap waktu dan menyebabkan kerusakan ke daerah sekitarnya

Spoiler for Pictures:


View dari kota Tagaytay 1


View dari kota Tagaytay 2


Kawah Taal Volcano


View dari Danau Taal


Aerial View 1


Aerial View 2


Aerial View 3



 



sumber



0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com