selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Sedingin Apa Air yang Boleh Diminum Setelah Olahraga

Written By unik on Rabu, 23 Juni 2010 | Rabu, Juni 23, 2010

http://ekobudi12.files.wordpress.com/2009/06/air.jpg

Jakarta, Selama ini beredar mitos yang menyebutkan kalau orang habis olahraga tidak boleh minum air dingin karena bisa berbahaya. Sebenarnya minum air dingin malah dianjurkan tapi ada batas suhunya.

Bagaimana pun air dingin yang dikonsumsi akan diserap lebih cepat oleh tubuh dibandingkan dengan air biasa atau air yang hangat.

American College of Sport Medicine juga merekomendasikan untuk mengonsumsi air atau minuman lainnya yang dingin saat olahraga atau setelah olahraga.


Seperti dikutip dari Walking.about.com, Rabu (23/6/2010) penelitian telah menunjukkan bahwa air dingin bisa melewati perut lebih cepat. Karena itu air akan segera dikirim ke usus dan penyerapannya di tubuh juga menjadi lebih cepat.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhtJeA2lOIcwglzvwOUYm-9cZyGmlVW9mPcVhg7RT0ickqzVq5_In8K83YlcbZwPTQx93i_rr8HZA6-WRvQsMkNlXxqFGJCtV9mTnIQB1q_vT9wmJPyncKE9kiYamumgGVfscF6V-yKXk/s320/8.jpg
Selama dan setelah berolahraga, seseorang pasti ingin segera menggantikan cairan tubuhnya yang hilang akibat keringat. Karena itu mengonsumsi air dingin atau minuman yang dingin memang diperbolehkan.

Alasan lainnya boleh mengonsumsi air dingin adalah sebagian besar masyarakat akan merasa lebih baik dan memungkinkan orang tersebut untuk minum lebih banyak dan lebih sering.

Tapi ada batasan suhu dingin tersebut. Jangan sampai terlalu dingin. Seberapa dingin suhu air minum yang disarankan?

Air dingin yang dimaksud disini adalah air yang sejuk dan ideal untuk dikonsumsi, selain itu memiliki suhu sekitar 15 derajat Celsius.

Kondisi ini sama dengan segelas air putih yang ditambahkan 2-3 batu es. Jadi air dingin yang dimaksud disini bukanlah air yang sangat dingin dan berasal dari freezer.

Kebutuhan untuk mengonsumsi air saat berolahraga memang penting dan sangat diperlukan. Karena saat melakukan aktivitas tersebut, tubuh mengeluarkan cairan yang lebih banyak dari biasanya melalui keringat. Untuk itu agar tidak terjadi dehidrasi, seseorang perlu mengonsumsi air yang cukup.

http://anida.mypointer.info/wp-content/uploads/2009/07/drinking-water.jpg
Hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat berolahraga adalah jika di tengah-tengah aktivitas merasa haus, maka segera minum.

Sebelum berolahraga seseorang juga mengonsumsi air putih dan setelah berolahraga. Namun hendaknya tidak mengonsumsi air putih sekaligus, melainkan sedikit demi sedikit sehingga menghindari tersedak.



sumber :http://health.detik.com/read/2010/06/23/094704/1384460/766/sedingin-apa-air-yang-boleh-diminum-setelah-olahraga?l991101755




0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com