selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

7 Alasan Keunggulan STROOM - Listrik Prabayar dari PLN

Written By unik on Jumat, 29 April 2011 | Jumat, April 29, 2011

7 Alasan Keunggulan STROOM - Listrik Prabayar dari PLN

Ini nih salah satu topik yang mulai menghangat dan dibahas diberbagai media, STROOM - Listrik Prabayar dari PLN!
Apa sih kelebihan & manfaatnya? cekidot gan..



Sejak diluncurkan pada Januari 2008, listrik prabayar menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam kemudahan pengelolaan pemakaian listrik mereka. Listrik prabayar merupakan cara pembelian listrik dimana pelanggan membayar terlebih dahulu baru kemudian menikmati aliran listrik. Berupa voucher isi ulang yang telah tersedia di ribuan loket2 yang tersebar diseluruh indonesia, voucher Listrik Prabayar STROOM ini diharap mampu menjangkau lebih luas masyarakat melalui kemitraan dengan bank2, PT. POS Indonesia, & mitra pihak ketiga lainnya.



WOWW, sekilas menjanjikan ya gan? Kalo agan terbiasa dimudahkan dengan layanan prabayar untuk henpon, seperti itu pula yang akan agan rasakan dengan layanan listrik prabayar. Itulah janji PLN, .
Layanan listrik prabayar ini menggunakan alat khusus yang berbeda dengan layanan listrik pasca bayar/biasa. Alat khusus ini dinamakan kWh Meter (meteran listrik) Pra Bayar, atau lebih dikenal sebagai Meter prabayar.
Setiap pelanggan prabayar akan dilengkapi dengan meter prabayar ini beserta 1 Kartu Prabayar. Meter tersebut yang akan mencatat penggunaan listrik anda. Sedang kartu prabayar, selain sebagai nomor identitas pelanggan prabayar, juga berfungsi sebagai alat transaksi pembelian energi listrik. Kartu prabayar tersebut dipakai oleh pelanggan selama masih berlangganan listrik PLN. Jadi, saat membeli energi listrik (isi ulang), pelanggan harus menunjukkan dan memberikan kartu prabayar kepada petugas PLN untuk dilakukan pengisian energi listrik. Tanpa kartu prabayar, pengisian ulang tidak dapat dilakukan.

Alat Meter Prabayar tipe lama & yang baru gan..



Lama + Smart Card-nya



Baru + Keypad buat masukin kode voucher
Tarif listrik prabayar bila dibandingkan dengan tarif reguler, listrik prabayar boleh dikatakan lebih murah 3-5%. Itu dikarena pelanggan tidak perlu lagi membayar Uang Jaminan Langganan (UJL), biaya pencatatan meter, dll. Sementara harga per kWh-nya tetap (flat). Sistem Prabayar merupakan bentuk paling efisien pembayaran listrik. Karena pelanggan hanya dibebankan membeli sejumlah kredit (isi ulang) untuk kemudian dipergunakan sampai kWh listrik tersebut habis. Pilihan besaran isi ulang bebas, dengan nilai minimum Rp 20.000,- s/d Rp. 1.000.000,-



Contoh pelanggan me-reload listrik prabayarnya..
Nah, dari survey terhadap 150.000 pelanggan listrik prabayar yg tercatat & diklaim oleh PLN, para pelanggan ini menelurkan:

7 alasan keunggulan listrik prabayar:

1. Lebih mudah kendalikan pemakaian listrik
Melalui meter elektronik prabayar pelanggan dapat memantau pemakaian listrik sehari-hari. Di meter tersebut tertera angka sisa pemakaian kwh terakhir. Bila dirasa boros, pelanggan dapat mengerem pemakaian listriknya.

2. Bebas kesalahan catat meter
Keluhan terbanyak saat ini terhadap PLN adalah pencatatan meteran yg tidak konsisten. Dengan listrik prabayar, tak ada lagi "acara main tembak" meteran listrik.

3. Membeli sesuai kemampuan
Dengan nilai voucher STROOM bervariasi dari Rp.20.000,- s/d Rp.1.000.000,- memberikan keleluasaan bagi pelanggan dalam membeli listrik sesuai kemampuan & kebutuhan.

4. Tidak akan terkena biaya keterlambatan
Tidak ada lagi biaya tambahan bayar listrik dikarenakan terbebani biaya keterlambatan akibat lupa bayar rekening listrik. Karena sudah bayar di muka.

5. Privacy lebih terjaga
Kasus kemalingan berkedok pencatat meteran listrik? Sudah tak masalah lagi! Pelanggan tidak usah repot menunggu & membukakan pintu bagi petugas pencatat meteran karena meter digital prabayar otomatis mencatat sendiri pemakaian listrik agan.

6. Bebas biaya abodemen
Good-bye tarif per-golongan per-kwh plus beban, PPJ, dan meterai! Lumayan tuh gan!

7. Jaringan luas pembelian STROOM isi ulang prabayar
Di jawa barat saja tersedia +6000 loket yg melayani pembelian STROOM, tersebar di bank2 yg berpartisipasi, PT POS Indonesia, & kemitraan dengan pihak ketiga.
Well, begitulah kira2 hasil survey PLN tentang keunggulan produknya. STROOM - Si Listrik Prabayar.
Ane pribadi belum pernah memakai produk ini sebenernya, baru penasaran melihat iklan STROOM yang gedenya se-halaman koran Tribun Jabar yg dibaca anak2 bengkel sebelah . Tetapi dari berbagai "penelitian" alias surfing sana-sini, produk ini pun tidak terlepas dari berbagai keluhan pelanggannya. Mulai dari "pulsa" yg tiba-tiba menghilang, meteran yg ngaco, susah mengisi ulang, hingga terkadang terdapat kelangkaan voucher isi ulang karena distribusi voucher yg buruk... Yahh, mungkin masih harap dimaklumi karena produk ini masih baru & masih dalam tahap "pengenalan" konsumen ya gan... Semoga bagi PLN, "keluhan2" ini merupakan motivasi untuk memperbaiki kinerja salah satu divisinya ya gan. Jangan hanya menjadi "produk gagal" yg menghabis-habiskan uang negara untuk berinvestasi saja.
Bagaimana dengan pengalaman agan-agan yang sudah mencobanya?



sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3732561

0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Poskan Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com