selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Jalan-Jalan Ke Vulcano Buono, Pusat Komersial Yg Berbentuk Gunung Berapi Di Italia

Written By unik on Rabu, 16 Februari 2011 | Rabu, Februari 16, 2011


Dirancang oleh Renzo Piano, Vulcano Buono yang terletak di Nola, Italia merupakan sebuah bangunan pusat komersial (shooping mall) beratap kerucut yang dimahkotai oleh atap hijau miring yang indah. Vulcano Buono ini memberikan kontribusi yang cukup penting bagi ruang baru yang terletak di daerah komersial di tepi selatan kota Nola yang merupakan kompleks terminal kargo terbesar di Italia tengah dan selatan. Kompleks bangunan Vulcano Buono ini merupakan sebuah ‘multi-center’ yang terdiri dari hotel, hypermarket Auchan, bioskop multiplex & galeri, 155 toko, dan beberapa restaurant dan bar. Di bagian pusatnya merupakan sebuah square berbentuk lingkaran yang biasanya digunakan untuk konser dan even-even tertentu.

http://inhabitat.com/files/volcanoplan2.jpg 
http://inhabitat.com/files/volcano8.jpg 

http://inhabitat.com/files/volcano7.jpg

http://inhabitat.com/files/volcano4.jpg

Terinspirasi oleh lingkungan, Vulcano Buono memiliki profil miring yang naik dari tanah sehingga tampak sebagai sebuah bukit berumput hijau. Struktur atap bangunan ini ditutupi oleh susunan karpet dengan lapisan vegetatif lebih dari 2.500 tanaman yang membantu melindungi ruang interior dan mengurangi dampak visual struktur sehingga hampir tidak terlihat dari ruang angkasa. Bangunan ini tersusun dari satu set lingkaran padat, yang masing-masing mempunyai kemiringan yang berbeda, yang bergabung dan membentuk suatu struktur yang berbentuk kerucut, dan terbuka di bagian pusatnya yang meniru tampilan Gunung Vesuvius. Tepi atas ‘bukit buatan’ ini memiliki ketinggian antara 25-41 meter, dengan diameter total 320 meter, dengan sebuah square di tengah bangunan yang memiliki diameter 160 meter.

http://inhabitat.com/files/volcano1.jpg 
http://inhabitat.com/files/volcanoLEAD2.jpg 


Proyek Vulcano Buono ini dimulai pada tahun 1995, pekerjaan pembangunan dimulai pada tahun 2005 dan selesai pada tahun 2007 dengan menghabiskan dana sebayak 180 juta euro, sebagian ditutupi dengan dana regional untuk rekonstruksi dan pembangunan. Seluruh bangunan ini kira-kira menempati area seluas 450.000 m2 dengan luas lantai sebesar 150.000 m2 dan dapat menampung 7000 mobil di dalamnya.


http://inhabitat.com/files/volcanoint3.jpg 
http://inhabitat.com/files/volcanoint2.jpg 

http://inhabitat.com/files/volcanoint.jpg

http://inhabitat.com/files/volcano-comp.jpg


sumber: www.kaskus.us

0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Poskan Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com