selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

alasan gak boleh nyiram tanaman siang hari

Written By unik on Rabu, 09 Juni 2010 | Rabu, Juni 09, 2010

Quote:


waktu kecil dulu ane dikasih tau bahwa kalo nyiram tanaman siang-siang, maka tanaman itu bakalan mati.padahal tanamankan memang butuh sinar matahari untuk fotosintesa, tapi kenapa gak boleh disiram siang siang ya,
trus ane penasaran, kalo tanaman disiram malam hari gmana kejadiannya.

kata guru ane, tanaman nanti kaget karena panas-panas disiram, sehingga sel-selnya rusak dan mati. gak sepenuhnya salah. karena saat panas,sel-sel mengkerut dan bila disiram, bisa terjadi sel-sel tiba-tiba menggelembung terisi air dan pecah, sehingga tanaman lama-lama mati. tanaman bisa jadi (kemungkinan kecil) mati bila disiram pada siang hari. karena, pada siang hari penguapan berlangsung cepat sehingga dikhawatirkan tanaman belum sempat menyerap air, tapi airnya udah keburu menguap. saya pernah melihat petugas pertamanan menyiram tanaman di jalan , tapi siraman airnya kan deras pake truk tangki air. tumbuhan pasti bisa menyerapnya bila air yang disiram sederas itu.


transport air


Jika menyiram saat siang hari, matahari akan membuat air menguap sebelum diserap. Usahakan menanam di musim hujan saja karena pada awal perkembangannya, tumbuhan membutuhkan lebih banyak air.

proses penguapan


bila tanaman disiram malam hari, yang mungkin terjadi adalah tanaman membusuk atau tumbuh jamur karena udara yang lembab.

tumbuh jamur


ada baiknya menyiram tanaman pada pagi hari untuk efisiensi air dan tanaman yang lebih sehat. saat matahari mulai muncul, tanaman akan menggunakan air yang disiram dan CO2 menjadi glukosa dan O2 sehingga pertumbuhannya baik.

matahari
[/spoiler]

kalau bisa jangan menggunakan air PAM karena mengandung kaporit. kaporit dapat mengurangi keasaman tanah (keasaman tanah dibutuhkan oleh tumbuhan) dan bakteri apatogen (yang berguna) ikutan pergi sehingga tanah jadi nggak subur. kalo sudah terlanjur pake air PAM, sebaiknya beri pupuk ZA atau yang mengandung sulfur pada tanah biar keasamannya terjaga. cacing tanah juga membantu penyeimbangan keasaman tanah.

kaporit
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4353278

1 comments:

Tia mengatakan...

Thanks untuk infonya

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com