selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Di Manakah Tempat Paling Tenang di Bumi?

Written By unik on Rabu, 16 Juni 2010 | Rabu, Juni 16, 2010


Quote:
Laboratorium Orfields – Tempat Paling Tenang di Bumi
Dipublikasikan oleh Neil Middlemiss pada 18 Desember 2007

Di dunia, ketika segala sesuatunya terjadi, orang-orang bergerak, dan mesin-mesin bekerja, banyak orang tidak mengerti apa arti tenang sebenarnya. Namun di Minnesota, ketenangan sesungguhnya dapat ditemukan dalam sebuah ruangan. Buktinya, ruangan tanpa suara ditemukan di Laboratorium Orfield dan diberi penghargaan oleh Guiness Book of Records sebagai tempat paling tenang di bumi.
Spoiler for penghargaan:


Bagaimana cara kerjanya? Laboratorium Orfield dengan enam ruang/bilik kedap suara merupakan sebuah ruangan yang mengapung di atas susunan balok kayu yang di atasnya terdapat pegas. Kelima bagian dengan bentuk yang sama mengelilingi ruangan. Kedua bilik dibuat dari sepasang sekat baja. Bilik kedap suara tersebut dibuat oleh Perusahaan Eckel (perusahaan pembuat bilik kedap suara terbesar di Negara tersebut).

Kedua bilik baja tersebut terhubung dengan sebuah ruangan besar yang dibangun dengan dinding tebal yang kokoh dan plafon/langit-langit. Ruangan yang lebih kecil diisi dengan 3,3 kaki irisan kaca fiber akustik yang tebal. Ketika diukur oleh ahli pada 21 Januari 2004 hasilnya adalah -9,4 dB (dengan A-weighting), dan mendapat julukan tempat paling tenang di bumi. Sebagai perbandingan, batas terendah kemampuan mendengar manusia sekitar 0 dB.
Spoiler for ruangan 1:


Ketenangan adalah hal yang jarang terjadi. Semua gaung/gema hilang. Semua suara yang datang bukan dari badan kita tidak terdengar. Setelah beberapa saat di dalam bilik kedap suara, kita akan merasa sedikit kaget. Mendengar detak jantung kita, tekanan darah kita, suara dengungan telinga kita sendiri, dan fungsi tubuh yang belum pernah kita dengar sebelumnya dan biasanya terdengar pelan. Semuanya benar-benar tenang, kita kehilangan rasa akan ruang dan sekeliling kita. Tidak adanya suara pantulan dan gaung/gema menjadikan ruangan untuk “mencoba mengetahui diri” bukanlah hal yang tidak mungkin.
Spoiler for ruangan juga nih:


Bilik kedap suara mendapat sertifikasi dari NIST (National Institute of Standards and Technology) di bawah NVLAP (National Voluntary Laboratory Accreditation Program). Sertifikasi ini menjadi alasan mengapa Guinnes memberikan penghargaan dan ini satu-satunya bilik kedap suara yang memiliki sertifikasi (dibandingkan perusahaan lain) di Amerika.
Spoiler for yang bikin:


Laboratorium Orfield memiliki sejarah panjang dalam perjalanannya. Mereka membeli Sound 80, sebuah studio di mana Bob Dylan merekam albumnya “Blood on The Tracks”. Sound 80 kemudian menjadi studio rekaman digital multi-track pertama. Di balik Laboratorium Orfield terdapat konsep yang dinamakan Arsitektural Dinamis: variabel pencahayaan, suara, dan suhu dapat memberikan mood yang berbeda di tempat kerja, idealnya dapat meningkatkan efisiensi dan kepuasan pekerja. Laboratorium Orfield memiliki latar belakang yang kuat dalam penelitian akustik untuk produk yang lebih luas, termasuk motor, mesin pencuci, dan katup jantung tiruan.


*Thanks to Steve Orfield of Orfield Labs for providing the information contained in this article.
Source: Orfield Laboratories
http://www.audiojunkies.com/blog/902...h-orfield-labs


sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4355634




0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com