sebuah mobil F1 ternyata terbuat dari 80.000 komponen, dgn perakitan mendekati kesempurnaan 99%, walaupun demikian ketika balapan dimulai msh terdapat sekitar 80 kesalahan teknis. Ketika Seorang pembalap F1 melakukan pengereman/brakes, maka perlambatan yg terjadi dapat disamakan dgn mobil biasa ketika menabrak tembok batubata dgn kecepatan 300kmph
Mesin mobil F1 dapat sebagian besar hanya bertahan kurang lebih selama 2 jam di balapan, dgn kata lain ada tingkatan mesin yg akan terus dikembangkan..
Tempratur di dalam knalpot mobil balap F1 mencapai 950 derajat Celcius. Saat melakukan pengereman, tempratur piringan rem mobil F1 bisa mencapai lebih dari 1000 derajat Celcius. Sedangakan suhu rata-rata dalam kokpit selama balapan adalah 55 derajat Celcius.
Pengisian bahan bakar F1 dpt mencapai 12 Liter per detik, hmmm… artinya adalah hanya butuh kurang lebih 4 detik utk mengisi penuh tangki bahan bakar mobil biasa sebanyak 50 Liter. Alat pengisian bahan bakarnya sama dgn alat yg digunakan utk mengisi bahan bakar helikopter militer Amerika Serikat.
Selama balapan, ban F1 jg mengalami susut massa sebanyak 0,5 kg utk tiap ban.
Ban biasa normal penggunaannya adalah 60.000 – 100.000 km di jalan yg biasa, sedangkan ban mobil F1 dirancang rata-rata utk 90-120 km dlm 1 kali balapan.
Dalam kondisi cuaca kering, ban F1 dpt mencapai top performance nya dlm kondisi temperatur antara 90-100 derajat Celcius (titik didih air)
Ban F1 dlm kecepatan maksimum dpt berputar sebanyak 50 kali dlm 1 detik
0 comments:
Posting Komentar