selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Kenapa Ya kok motor bebek/skutik laku di Indonesia

Written By unik on Senin, 14 Juni 2010 | Senin, Juni 14, 2010

http://kidsonroll.com/admin/images/moped-150_1.jpg

Bhuahahaha,… gue mau bahas realita di market… coz kita hidup di dunia yang serba nyata… !!! Ada sebagian orang yang empeeeet banget dengan spesies bebek ataupun motor kecil termasuk skutik …!!! Baginya motor itu yaaa motor laki… that’s real motorcycle katanya …!!! Saking empeeet nya… malah ada wacana / cita-cita kepengen bebek-bebek ini… musnah dari bumi pertiwi ini …!!! Bhuahahaha… yaaagh namanya cita-cita boleh aza… tapi kalau nggak kesampaian yooo mesti legowo… ya thooo … ??? Anyway,… gue mau menganalisa kenapa kok bebek / skutik laku keras di Indonesia …!!!
Fakta di lapangan… motor laki itu yaaa minoritas… nggak bisa lebih dari 8% secara total market share …!!! Mau dikilik pakai penurunan harga atau motor laki murah… seperti Bajaj XCD 125 seharga Rp. 13.5 jeti ataupun Suzuki Thunder dari pabrikan Jepang seharga Rp. 15.4 jeti… tidak serta merta meningkatkan demand …!!! Motor laki seharga Rp. 13.5 jeti pun… jika dihajar dengan Ki Demang seharga Rp. 18.4 jeti pun… masih menangan bebek dari sisi penjualannya … sekitar 6 kali lipat… !!! So ternyata hukum price elasticity tidak berlaku disini … !!!

Kenapa kok nggak berlaku… ??? Yaaagh disinilah letak consumer behaviors … dalam artian preferensi motor di benak mindset konsumen …!!! Sama juga kenapa laki-laki Indonesia seneng wanita yang putih munyuuuz… !!! Dari jaman biyeen… disebutkan kecantikan wanita dengan parameter kulitnya yang putih… ataupun kuning langsat… !!! Tidak pernah khan disebutkan… Duuugh wanita itu cantik menawan… dengan kulitnya yang hitam legaaam … !!! Kembali ini realita mayoritas di lapangan… gue sebut mayoritas lho …!!!
Bebek dipilih… pertama karena secara segmentasi … konsumen memang terbagi atas pria dan wanita …!!! Kalau wanita jelas deegh… tidak akan ada di mindsetnya motor laki… kembali secara mayoritas lho… !!! Kemudian konsumen laki-laki… milih bebek karena berbagai alasan… (1) motor bebek dalam sejarahnya irit… sekarang pun Honda Abs Revo paling irit… !!! Yaagh banyak konsumen di Indonesia masih concern tentang irit… dan ingin menekan cost transportation …!!! (2) Motor bebek itu relatif pendek seat heightnya dan depannya lebih landai… soalee nggak ada tangki bensin… !!! Terlebih mayoritas penduduk Indonesia tingginya jarang yang diatas 170cm… menambah lagi deegh demand terhadap bebek …!!! (3) Motor bebek harganya relatif murah… dan terjangkau oleh mayoritas konsumen Indonesia …!!! (4) Dalam transportasi sehari-hari… yang kadang sering kali macet… motor bebek lebih lincah dibandingkan motor laki …!!! Hal ini menyebabkan motor bebek… memiliki keunggulan mutlak di sisi mindset konsumen… sehingga mayoritas konsumen pun memilih bebek …!!!
Lha satu-satunya yang bisa menandingi bebek…. adalah skutik …!!! Kok skutik bisa menandingi bebek… ??? Karena sifat-sifat skutik hampir sama dengan bebek… !!! Kecuali sifat relatif lebih boros BBM saza… yang menyebabkan skutik nggak bisa menandingi bebek …!!! Dalam hal tertentu seperti mudah pengoperasiannya… skutik menjadi favorit motorcycle dibenak konsumen… terlebih konsumen wanita… !!! Dari sisi ini jelas sudah… motor-motor kecil… baik bebek/skutik menjadi pilihan konsumen Indonesia ….!!!
Impact dari demand konsumen Indonesia yang kuenceng terhadap bebek/skutik… pihak pabrikan pun semakin memberi perhatian di segment ini …!!! Wajar duooonk … lha wong kepentingan orang banyak… atau mayoritas konsumen lebih diperhatikan… yoo wajar duonk …!!! Mosok kepentingan segelintir orang atau golongan… lebih didahulukan… thiez is business maaan… !!! Oleh sebab itu… kalau pabrikan nggak mau ngeluarin varian terbaru… atau lambat bertelor di segment 250cc… yooo sekali lageee wajaar… lha wong bukan mayoritas kok …!!!
Last,… pembahasan gue lebih kearah realita di lapangan … coz realita itu berdasarkan fakta… dan kalau kita bisa menyadari hal apapun berdasarkan fakta… hidup akan lebih indah… cobaaa deeh… !!!



sumber :http://triatmono.wordpress.com/2010/06/13/kenapa-kok-motor-bebekskutik-laku-di-indonesia/
 
 
 
 

0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com