selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

ACEH gempa 7.2 SR!!

Written By unik on Rabu, 07 April 2010 | Rabu, April 07, 2010



Keadaan setelah gempa Aceh


Quote:

Jakarta - Gempa besar menggoyang provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Gempa berkekuatan 7,2 SR itu berpotensi menimbulkan tsunami.

Data dari Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu (7/4/2010), menyebutkan, gempa itu terjadi pukul 05.15 WIB.

Titik pusat gempa di 2.33 LU - 97.02 BT dan berada di kedalaman 34 Km.

Pusat gempa itu berada pada 75 km Tenggara Sinabang atau 85 Km Barat Laut Singkilbaru, NAD. Gempa tersebut berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.                                                                                                                                                                              



tambahan berita
Quote:
Gempa Susulan 2 Kali Terjadi, Berkekuatan Lebih Rendah
Jakarta - Dua gempa susulan terjadi di Nangroe Aceh Darussalam (NAD) pasca gempa berkekuatan 7,2 SR pada pukul 05.15 WIB. Namun, gempa susulan itu berkekuatan lebih rendah.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rabu (7/4/2010), gempa susulan pertama terjadi pukul 05.26 WIB dengan kekuatan 5,1 SR.

Gempa dengan kedalaman 24 Km itu terjadi di 2.30 LU - 96.87 BT 24 atau 60 Km Tenggara Sinabang, Aceh.

Sementara itu, gempa susulan kedua terjadi 2 menit kemudian dengan kekuatan 5,0 SR. Titik pusat gempa berada tidak jauh dari gempa susulan pertama dengan kedalaman 10 Km.

Dua gempa terakhir diprediksi tidak akan menimbulkan gelombang tsunami. Akan tetapi, peringatan tsunami atas gempa 7,2 SR belum dicabut oleh BMKG.
Quote:
Diguncang Gempa, Warga Aceh Tenggara Berhamburan Keluar Rumah
Jakarta - Gempa 7,2 SR menggoyang Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Getaran gempa dirasakan cukup kuat oleh warga di Aceh Tenggara.

"Gempa terasa sekitar 3 menitan," kata Amri Sinulingga, warga Jl Pahlawan, No 14, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara, kepada detikcom, Rabu (7/4/2010).

Amri merasakan kuatnya gempa kali ini hampir sama dengan gempa yang menimbulkan tsunami tahun 2004 lalu.

"Warga masih duduk-duduk di jalanan, takut untuk masuk rumah.

Mengenai ada atau tidaknya kerusakan di daerahnya, Amri belum dapat memastikan. "Kita belum memperoleh informasi, warga masih panik," jelasnya.
Quote:
Gempa Juga Dirasakan di Medan
Medan - Gempa yang terjadi di Sinabang, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) juga dirasakan di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Tak kurang sekitar dua menit, guncangan gempa yang terjadi di kota ini, Rabu (7/4/2010).

Gempa dirasakan sekitar beberapa menit sebelum azan subuh. Salah seorang warga Jl Yos Sudarso, menyatakan semula dia sedang bersiap untuk salat subuh ketika mendadak pusing.

"Saya mengira karena gejala kekurangan darah, tapi ternyata lampu gantung di rumah terlihat bergoyang dan air bak bergoyang juga, artinya gempa. Saya langsung keluar rumah," kata Zainal.

Kepanikan juga dirasakan warga yang bermukim di kawasan Jl. Brigjen Katamso dan Medan Tembung. Para warga segera berlarian keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri. Kepanikan juga terlihat di hotel Emerald Garden di Jl Yos Sudarso. Sejumlah pekerja hotel tersebut terlihat keluar ketika gempa terjadi.

Pantauan sementara, guncangan gempa yang terasa di Medan tidak menyebabkan adanya kerusakan pada bangunan-bangunan yang ada di kota ini.
Quote:
Warga Banda Aceh Lari ke Luar Rumah, Listrik Padam
Jakarta - Gempa dengan kekuatan sekitar 7,2 SR mengguncang propinsi Nangroe Aceh Darusaalam. Gempa yang berpusat di 75 km Tenggara Sinabang atau 85 Km Barat Laut Singkilbaru, NAD, ini juga dirasakan oleh warga yang tinggal di Banda Aceh. Wrga pun lari berhamburan.

"Gempa cukup kuat, di Banda Aceh, sekarang mati lampu warga pada berhamburan ke luar rumah," ujar pembaca detikcom, Heru, Rabu (7/4/2010) pukul 95.30 WIB.

Heru yang tinggal di Lamlagang, Banda Aceh, mengatakan sempat merasakan getaran gempa selama 2 menit sejka pukul 05.25 WIB. Heru menambahka, bahwa warga kini tengah berkumpul di luar rumah namun belum ada tanda-tanda warga akan lari menuju tempat yang lebih aman.

"Sekarang masih gelap, warga hanya di luar rumah saja. Kami juga tidak membawa barang-barang," terangnya.

Data dari Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu (7/4/2010), menyebutkan, gempa itu terjadi pukul 05.15 WIB. Gempa tersebut berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.
Quote:
Warga di Tapanuli Utara Dicekam Ketakutan
Jakarta - Selain di Medan, sejumlah daerah di Sumatera Utara (Sumut) juga di merasakan getaran gempa. Antara lain, Tapanuli Utara, Sibolga, Tapanuli Tengah, Humbang Hasundutan, Toba Samosir dan Samosir. Di Tapanuli Utara warga bertahan di luar rumah karena khawatir gempa susulan.

Sibuea, salah seorang warga Tarutung, ibukota Tapanuli Utara menyatakan, warga banyak histeris ketika gempa terjadi. Padamnya listrik membuat suasana lebih mencekam.

"Ketika gempa itu, banyak warga yang teriak histeris. Suhul.. Suhul.. bahasa Batak yang artinya gempa," kata Sibuea melalui telepon kepada detikcom di Medan.

Kepanikan warga semakin hebat karena gempa diikuti dengan padamnya listrik di Tarutung. Masih belum diketahui penyebab utama padamnya listrik, apakah gangguan pada pembangkit atau pada sistem jaringan.

Hingga pukul 06.00 WIB, kata Sibuea, warga masih bertahan di pinggiran jalan utama dan menjauh dari tiang-tiang listrik. Dinginnya udara membuat warga bertahan di luar dengan menggunakan sarung dan jaket.
Quote:
Belum Ditemukan Adanya Kerusakan di Nagan Raya, Aceh Barat
Jakarta - Gempa hebat yang mengguncang Propinsi Nangroe Aceh Darussalam dirasakan hampir di seluruh wilayah propinsi. Namun demikian, belum ada tanda-tanda kerusakan yang timbul akibat gempa.

"Sejauh ini belum ada kerusakan," ujar warga Nagan Raya, Meaulaboh, Aceh Barat, Zack, kepada detikcom, Rabu (7/4/2010).

Menurut Zack, gempa pertama kali dirasakan sekitar pukul 05.15 WIB. Awal gempa, kata Zack, terasa pelan namun lama-lama gempa semakin terasa keras.

"Pertama pelan terus semakin kencang, seperti tsunami 2004. Masayarakat pada panik semua keluar rumah takut rumah ambruk," jelas Zack.

Zack menambahkan, kalau saat terjadi gempa listrik langsung padam. Namun sekitar pukul 06.00 WIB listrik kembali menyala. Warga pun telah mulai kembali ke rumah masing-masing meski demikian mereka masih tetap waspada.

"Kebetulan tempat kita agak jauh dengan laut, kita di daerah pegunungan jadi tidak khawatir dengan tsunami," terang Zack.
Data dari Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu (7/4/2010), menyebutkan, gempa itu terjadi pukul 05.15 WIB. Titik pusat gempa di 2.33 LU - 97.02 BT dan berada di kedalaman 34 Km. Gempa ini juga disebut berpotensi untuk tsunami.
Quote:
Gempa Dirasakan Warga Asahan, Listrik Masih Padam
Asahan - Gempa berkekuatan 7,2 SR yang berpusat di Sinabang, NAD, juga dirasakan di Kabupaten Asahan Sumatera Utara. Akibat gempa ini listrik di sejumlah kecamatan sampai saat ini masih padam.

"Gempa kami rasakan saat melaksanakan salat subuh berjemaah di masjid. Walau terasa gempa, tapi tadi salat tetap dilaksanakan. Begitu selesai, kami langsung keluar dari masjid," kata Herianto (37), warga Kecamatan Bandar Pulau, Asahan, Sumut, Rabu (7/04/2010)

Warga lainnya, S Tanjung menyebut, warga setempat saat subuh itupun banyak yang keluar rumah. Gempa dirasakan cukup kuat. Rumah warga semuanya bergoyang.

"Gempa kami rasakan lumayan lama. Begitu selesai, listrikpun ditempat kami padam. Sampai sekarang PLN belum juga menyala," kata S Tanjung.

Dengan terjadinya pemadaman listrik ini, warga setempat pun bingung untuk mendapatkan informasi. Warga setempat tidak mengetahui dimana sebenarnya terjadinya pusat gempa tersebut.

"Listrik padam, kami pun tidak dapat mengakses informasi dari televisi," kata S Tanjung dalam perbincangan dengan detikcom.
UPDATE : http://www.kaskus.us/showpost.php?p=...&postcount=100

Spoiler for Foto gempa Aceh:
Foto Foto Saat Gempa 7.2 SR di Aceh

Spoiler for Foto gempa Aceh:




Seorang Pemuda Aceh tampak sedang menghubungi anggota keluarganya yang lain



warga aceh berkumpul di jalanan untuk menghindari adanya gempa susulan




Orang yang menggunakan telepon seluler mereka untuk mencari informasi gempa saat mereka menunggu di tempat yang lebih tinggi untuk keamanan lama setelah gempa bumi di Banda Aceh April 7, 2010. Indonesia mengalami setidaknya tiga gempa susulan setelah gempa kuat melanda dari Aceh di pulau Sumatera pada Rabu, memicu panik dan pemadaman listrik di beberapa daerah, badan meteorologi dan seorang saksi



Orang di sepeda motor mereka menunggu di tempat yang lebih tinggi untuk keamanan segera setelah terkena gempa, di Banda Aceh, Indonesia Aceh provinsi April 7, 2010. Indonesia mengalami setidaknya tiga gempa susulan setelah gempa kuat melanda dari Aceh di pulau Sumatera pada Rabu


Warga meninggalkan rumah mereka setelah gempa bumi di Singkil, Aceh provinsi di pulau Sumatera, Indonesia, Rabu 7 April 2010. Sebuah gempa 7,7 mengguncang pulau di Indonesia barat laut Sumatra Rabu pagi, yang memicu peringatan tsunami singkat dan mengirim penduduk bergegas untuk tempat yang lebih tinggi. Tidak ada laporan tentang kerusakan yang meluas.


Pemandangan Sinabang, ibukota pulau Simeulue Indonesia, setelah gempa bumi melanda April 7, 2010. Sebuah gempa utama sebesar 7,7 besarnya melanda lepas pantai Aceh di Indonesia utara barat pada Rabu memicu panik dan pemadaman kekuasaan, namun ada kematian dilaporkan dan waspada tsunami kemudian terangkat.


Seorang ibu memeluk anaknya di luar rumah mereka di Medan, tak lama setelah gempa utama berkekuatan 7,8 melanda lepas pantai Aceh di pulau Sumatra, Indonesia April 7, 2010. Indonesia mengalami setidaknya tiga gempa susulan setelah gempa kuat melanda dari Aceh di pulau Sumatera pada Rabu, memicu panik dan pemadaman listrik di beberapa daerah


Warga duduk di sebuah truk saat mereka mempersiapkan diri untuk melarikan diri setelah gempa bumi di Banda Aceh di pulau Sumatera, Indonesia, Rabu, 7 April 2010. Sebuah gempa 7,7 mengguncang pulau di Indonesia barat laut Sumatra Rabu pagi, yang memicu peringatan tsunami singkat dan mengirim penduduk bergegas untuk tempat yang lebih tinggi. Tidak ada laporan tentang kerusakan yang meluas.



Seorang paramedis menolong anak anak yang cedera setelah gempa bumi melanda Sinabang April 7, 2010. Sebuah gempa utama sebesar 7,7 besarnya melanda lepas pantai Aceh di Indonesia utara barat pada Rabu memicu kepanikan











sumber : AFC
sumber 2
http://www.detiknews..com/read/2010/...otensi-tsunami


0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com