selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Ampo, camialan UNIK berbahan TANAH asli dari INDONESIA !!!

Written By unik on Jumat, 02 April 2010 | Jumat, April 02, 2010


http://1.bp.blogspot.com/_vnQkkukmKR0/S7YIbXgnjJI/AAAAAAAAIk0/8QCeAEoYq0c/s1600/ampo-snack2.jpg



Di Dusun Traulan, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, tanah tidak hanya sebagai bahan baku pembuatan gerabah atau barang lain yang bahan bakunya berasal dari tanah. Tetapi tanah di Dusun ini dijadikan sebuah makan untuk camialan yang disebut Ampo.


Menurut Ramani, pembuat ampo bahan bakunya hanya tanah dan tidak dicampur bahan lainnya. Pembuat ampo mengambil tanah dari tanah sawah. Tanah yang dipilih harus yang bersih, liat, dan tak berbatu. Proses pembuatannya sederhana sekali.


http://3.bp.blogspot.com/_vnQkkukmKR0/S7YIbDz6CEI/AAAAAAAAIks/IGlGg-ZmIYM/s1600/ampo-snack3.jpg


Tanah yang masih gembur tersebut kemudain dipadatkan, Setelah padat, tanah dikeruk dengan sebilah bamboo yang salah satu sisinya dipertajam. Agar bisa dikeruk, kelembapan tanah tersebut harus dijaga. Kerukan tadi berupa lempengan tipisberbentuk gulungan yang kemusian ditempatkan di para – para bamboo. Para – para itulah yang kemusian dipanaskan.

Untuk menghasilkan ampo yang enak, gurih, dan tidak pahit, pemanasanya harus memakai asap. Karena itu, selama memasak ampo, pembuat ampo menjaga perapian agar tidak menyala, melainkan terus berasap.


http://3.bp.blogspot.com/_vnQkkukmKR0/S7YIa4Kns1I/AAAAAAAAIkk/earmftPFuT8/s1600/ampo-snack4.jpg


Ampo, menurut dia tidak hanya dikomsumsi sejumlah masyarakat untuk camilan. “Ada yang makan jajan itu untuk obat.”

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan ampo, seperti gatal – gatal dan panas. Kalu ampo digunakan sebagai obat tidak dimakan layaknya camilan, melainkan direndam dalam air dan air tersebut yang diminum sebagai obatnya. Jawapos/20122007/*



http://2.bp.blogspot.com/_vnQkkukmKR0/S7YIabxYVwI/AAAAAAAAIkc/twQr8d-tV0Q/s1600/ampo-snack5.jpg

http://1.bp.blogspot.com/_vnQkkukmKR0/S7YIaAbICgI/AAAAAAAAIkU/XgTtYlHs0UM/s1600/ampo-snack6.jpg




sumber


0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com