selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Melukis dengan Teknik Sulam Pita

Written By unik on Jumat, 16 April 2010 | Jumat, April 16, 2010




melukis sesuatu dengan teknik sulam keren kan gan....sayang ane dapet gambarnya cuma satu gan....

Spoiler for cekidot:


Biasanya sulam pita hanya bagian kecil dari desain suatu karya, seperti baju, keranjang, tas, dan lainnya. Ia hadir sebagai pemanis. Tetapi, dalam lukisan sulam pita, teknik sulam pita menjadi pokok karya tersebut. Ada beberapa langkah pokok untuk mewujudkan lukisan sulam pita.

Langkah pertama, tentukan tema lukisan. Tema yang bisa dilukis beraneka, misalnya, lukisan tentang rumah yang hijau, pemandangan sekitar danau, pegunungan, kota, atau sebuah jalan di perkampungan.

Kemudian, tentukan ukuran kain. Setelah itu buat desain awal lukisan serta tentukan warna pita dan benang yang akan digunakan.

”Kain yang dipakai kain tenun biasa yang mudah ditusuk jarum, bukan kanvas. Penggunaan kanvas yang keras dan kaku menyulitkan pekerjaan menyulam,” ujar Asri, pengusaha lukisan sulam pita.

Pekerjaan berikut adalah melukis kain dengan cat tekstil. ”Gunakan cat tekstil berkualitas baik sehingga tidak luntur saat lukisan suatu waktu perlu dicuci,” kata Asri. Harga sebotol cat tekstil berkualitas cukup baik berkisar Rp 50.000.

Setelah lukisan dengan cat jadi, mulailah menyulam atau jahit sulam pada bagian-bagian yang diperlukan, seperti sulam benang untuk genting serta sulam pita untuk bunga dan dedaunan di taman.

Berikutnya, lukisan dirapikan dengan cat, misalnya untuk memberi kesan bayangan. Jika sudah selesai, baru lukisan bisa dibingkai dengan sistem bingkai menjorok ke dalam untuk memberi kesan tiga dimensi.



 




sumber



0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com