selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Semua Tentang Samarinda, Kota Tepian-EAST BORNEO

Written By unik on Rabu, 21 April 2010 | Rabu, April 21, 2010

KOTAKU, SAMARINDAKU
TEPIAN (TEDUH RAPI AMAN DAN NyAMAN)

Kota Samarinda adalah salah satu kota sekaligus merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kota Samarinda dapat dicapai dengan perjalanan darat, laut dan udara. Dengan Sungai Mahakam yang membelah di tengah Kota Samarinda, yang menjadi "gerbang" menuju pedalaman Kalimantan Timur. Kota ini memiliki luas wilayah 718 km²[1] dan berpenduduk 770.753 jiwa (akhir Januari 2010).




Maskot Kota Samarinda

Pesut Mahakam adalah maskot kota Samarinda. Namun saat ini Pesut Mahakam tidak terlihat lagi di sepanjang sungai Mahakam kota Samarinda. Pesut Mahakam terdesak oleh kemajuan kota dan pindah ke hulu sungai. Populasi Pesut Mahakam semakin menurun dari tahun ke tahun. Bahkan menurut sebuah penelitian, Pesut Mahakam sekarang tinggal 50 ekor. Jika tidak dilakukan antisipasi dan pelestarian, maka dalam waktu beberapa tahun saja Pesut Mahakam akan punah, menyusul pesut dari Sungai Irrawaddy dan Sungai Mekong yang sudah terlebih dahulu punah dan Pesut Mahakam adalah pesut air tawar terakhir yang hidup di planet bumi.


Spoiler for PESUT:



ISLAMIC CENTER NAN MEGAH DI SAMARINDA

Ikon baru kota Samarinda saat ini adalah sebuah bangunan megah yang berdiri di pinggir sungai Mahakam, mesjid Islamic Center. Proses pembangunannya cukup lama dan hingga tulisan ini dibuat belum selesai 100%, namun bangunan utama sudah selesai. Yang belum selesai adalah bangunan penunjang di sekitar mesjid seperti rumah sakit, pertokoan, asrama dan sekolah. Arsitekturnya sungguh indah, mengingatkan kita pada mesjid Nabawi di Madinah.


Spoiler for ISLAMICCENTRE:


Spoiler for ISLAMICCENTRE:


Spoiler for ISLAMICCENTRE:


Spoiler for ISLAMICCENTRE:



Spoiler for ISLAMICCENTRE:



Spoiler for ISLAMICCENTRE:



Spoiler for ISLAMICCENTRE:



Spoiler for ISLAMICCENTRE:



Spoiler for ISLAMICCENTRE:



Spoiler for ISLAMICCENTRE:



Bahan bangunan pun konon dipilih yang kelas tinggi. Bangunan ini digagas secara kontroversial oleh Gubernur Kalimantan Timur beberapa tahun lalu yaitu Suwarna AF. Konon memakan total biaya beberapa triliun rupiah dari APBD Provinsi Kaltim. Jika kita masuk kota Samarinda melalui jembatan Mahakam maka ikon ini akan langsung terlihat berdiri megah di pinggir sungai lebar ini. Berikut beberapa jepretan amatir yang saya buat dengan kamera poket, mudah-mudahan bermanfaat. Klik di foto untuk mendapat gambar dengan resolusi lebih besar.

Info lengkap secara teknis lihat juga di blog Islamic http://islamiccentersamarinda.blogspot.com/ Center yang dibuat oleh salah seorang staf di PT. Total Bangun Persada, developernya. Bravo!

WISATA

Kawasan Wisata Budaya Pampang
Kawasan Pampang yang terletak sekitar 20 km dari kota Samarinda merupakan kawasan wisata budaya yang menarik untuk menyaksikan kehidupan suku Dayak Kenyah. Obyek wisata budaya ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor melalui jalan raya Samarinda-Bontang. Daya tarik yang dapat disaksikan adalah Lamin atau rumah adat suku Dayak serta tarian dan upacara adat Dayak Kenyah yang diselenggarakan setiap hari Minggu pukul 14.00 wita

Spoiler for pampang:


AIR TERJUN TANAH MERAH
Terletak sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda tepatnya di dusun Purwosari kecamatan Samarinda Utara. Tempat ini merupakan pilihan tepat bagi wisata keluarga karena dilengkapi pendopo istirahat, tempat berteduh dengan pohon peneduh di sekitar lokasi, warung, areal parkir kendaraan yang luas, pentas terbuka dan tempat pemandian. untuk mencapai obyek wisata tersebut, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat serta angkutan umum trayek Pasar Segiri - Sungai Siring. Untuk saat ini tempat wisata ini kurang mendapat perhatian akibatnya mutu pelayanan jadi berkurang sehingga perlu adanya perhatian dari pemerintah daerah untuk mengembangkan tempat ini.

Spoiler for tanah merah:


PENAGKARAN BUAYA MAKROMAN
Terletak di desa Pulau Atas, kecamatan Palaran dengan jarak lebih kurang 6 km dari Samarinda. Jenis buaya yang dipelihara yaitu buaya air tawar dan buaya Supit. Tempat pengembangbiakan buaya ini telah di lengkapi sarana dan prasarana wisata

Spoiler for buaya:


KRS (KEBUN RAYA SAMARINDA)
Terletak di sebelah Utara kota Samarinda yang berjarak 20 km atau 30 menit perjalan darat. Di Kebun Raya Samarinda terdapat atraksi Danau alam, kebun binatang, panggung hiburan.

Spoiler for krs:



Telaga Permai Batu Besaung
Obyek wisata Telaga Permai Batu Besaung merupakan obyek wisata alam, terletak di Sempaja 15 km dari pusat kota Samarinda dengan kendaraan motor/mobil. Obyek wisata ini telah dilengkapi sarana dan prasarana wisata.
[sunting]Kerajinan Tenun Ikat Sarung Samarinda


Perajin sedang menenun Sarung Samarinda
Terletak di Jalan Pangeran Bendahara Samarinda Seberang. Obyek wisata ini merupakan proses pembuatan sarung tradisional Samarinda, yang berjarak 8 km dari pusat kota Samarinda. Obyek tersebut telah dilengakapi sarana dan prasarana wisata. Kerajian tenun sarung ini pada mulanya dibawa oleh pendatang suku Bugis dari Sulawesi yang berdiam di sisi kiri Mahakam (sekarang menjadi Samarinda Seberang). Hampir disetiap perkampungan suku Bugis (kelurahan masjid Baka) dapat ditemukan pengrajin sarung Samarinda. Alat tenun yang digunakan para pengrajin adalah alat tradisional disebut "Gedokan" atau menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Produk yang dihasilkan untuk 1 (satu) buah sarung memakan waktu tiga minggu.

Spoiler for krs:


LEMBAH HIJAU
Obyek wisata Lembah Hijau merupakan obyek wisata alam, terletak di jalur jalan Samarinda - Bontang 15,5 km dari Samarinda dengan kendaraan mobil/motor. Atraksi yang terdapat obyek yang bersebelahan dengan pagar alam ini adalah tampilan atraksi yaitu replika hutan yang terdiri dari jenis kayu hutan Kalimantan serta tanaman rotan terdapat di lokasi wisata ini. Fasilitas yang tersedia adalah : cafetaria, pendopo pertemuan dan kolam pancing, camping ground.

Spoiler for lembah:


KEBUN RAYA UNMUL
Terletak 3 km dari terminal Lempake dilengkapi fasilitas olah raga, perahu wisata, mini zoo. Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke obyek wisata alam Hutan Raya Unmul dapat menggunakan kendaraan roda 4 kendati di sana sudah

Spoiler for lembah:


Picture of Samarinda Landmarks


Ini adalah Jembatan Mahakam, diambil dari sisi Samarinda, dekat patung Pesut Mahakam...



Yang ini adalah Mesjid Darrunni'mah yang terletak di kawasan Karang Asam, persis di pinggir sungai Mahakam. Diambil pas mendung dan gerimis sedikit...


Asyik kan gedungnya? Ini adalah Gedung DPRD Kaltim. Daerah sekaya ini, wajar lah punya gedung dengan arsitektur eksotis begini. Tapi ngambil gambarnya susah... depan salah, samping salah... ini angle yang terbaik saat itu...


sumber



0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com