selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Suara Tentukan Tingkat Lelah

Written By unik on Minggu, 26 Desember 2010 | Minggu, Desember 26, 2010

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1087172.jpg

INILAH.COM, Jakarta – Peneliti Australia mengatakan tingkat kelelahan seseorang dapat diukur dari suara. Suara manusia akan ‘merata’ setelah 24 jam tanpa tidur.

Ilmuwan akustik University of Melbourne Adam Vogel mengatakan efek terjaga berkelanjutan pada suara dapat mengindikasikan kelelahan sistem saraf pusat. Studi ini diterbitkan dalam Journal of Acoustical Society of America.

Temuan ini penting bagi pekerja, pengusaha, pejabat keselamatan publik dan pemimpin militer yang berkaitan dengan pengelolaan kelelahan setelah pergeseran panjang, katanya.

“Ada peningkatan dalam pengembangan sistem non-invasif obyektif yang dapat digunakan guna membantu mengidentifikasi dan mengelola kelelahan pada pengaturan kesehatan dan tempat kerja,” katanya.

Penelitian pada 18 dewasa muda ini mengambil sampel dua jam suara mereka. Vogel dan rekan meneliti komponen suara itu, termasuk lama jeda dan total waktu penyelesaian tugas yang diucapkan.

Hasil menunjukkan saat kelelahan mulai terasa, suara menjadi lambat dan pitch meningkat dan nada berkurang. Peneliti menyimpulkan, orang kurang memiliki kontrol pada otot penghasil suara seiring semakin lelahnya mereka.[ito]

0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Poskan Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com