selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Kuskus Binatang Unik Asli Indonesia

Written By unik on Minggu, 04 April 2010 | Minggu, April 04, 2010

Spoiler for kuskus kerdil:

Strigocuscus celebensis atau yang biasa disebut Kuskus kerdil hidup di hutan primer, hutan sekunder dan juga di kebun masyarakat di pinggir hutan. Kadang-kadang tidur di pelepah daun kelapa. Masyarakat di daerah Napu pernah menemukannya di daerah persawahan dan dibawanya pulang.

Kuskus kerdil ini berwarna coklat pucat agak keputihan, panjang tubuh dari kepala 29-38 cm dan panjang ekornya 27-37cm, beratnya 1 kg atau kurang, rostrum lebih pendek dari kuskus beruang. Hidup secara nocturnal (aktif dimalam hari ) dan arboreal (berada di pepohonan) biasa berpasangan jantan dan betina. Kuskus kerdil merupakan pasangan monogami yang tidak berganti-ganti pasangan. Makanan utamanya adalah daun-daunan, bunga, buah, kulit pohon, dan juga jamur hutan.

Kuskus kerdil biasanya mengandung satu sampai dua kali pertahun, dimana 3-4 anak akan lahir, tetapi hanya satu saja yang di asuh. Masa kehamilan relatif singkat hanya 20 hari saja dan anak kuskus lahir dalam keadaan sangat kecil dan tidak berbulu yang akan merayap ke kantong induknya.

Spoiler for kuskus beruang:

Kuskus Beruang atau Kuse betina membawa bayi di dalam kantong yang terdapat di bagian perut. Panjang badan dan kepala kuse adalah 56 cm, panjang ekornya 54 cm dan beratnya dapat mencapai 8 kg. Kuse memiliki ekor yang prehensil, yaitu ekor yang dapat memegang dan biasa digunakan untuk membantu berpegangan pada waktu memanjat pohon yang tinggi.

Kuse mendiami lapisan atas dari hutan. Makanannya terdiri dari daun dan buah, misalnya daun pohon Kayu kambing (Garuga floribunda), dan Pohon Mindi (Melia azedarach) dan buah pohon Rao (Dracontomelon dao). Kuse membentuk kelompok kecil yang hanya terdiri dari induk dan bayi. Kecuali pada musim kimpoi, kuse jantan dan betina dewasa biasanya hidup secara soliter / sendiri-sendiri.

Kuse merupakan binatang yang pendiam. Dia hampir-hampir tidak bersuara kecuali kalau terganggu. Kuse yang terganggu akan mengeluarkan suara decak yang disela dengan engahan keras.                                                                                                                                                                                



sumber


0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com