selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Ngintip Kegiatan Pilot sblm Terbang

Written By unik on Minggu, 11 April 2010 | Minggu, April 11, 2010


Pilot adalah sebutan untuk orang yang mengemudikan pesawat terbang. Sebagai sebuah profesi yang menuntut keahlian/skill dalam mengemudikan sebuah pesawat, seorang pilot harus menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan. Jika dinyatakan lulus dalam ujian, seorang pilot akan mendapat sertifikasi terbang, yaitu suatu surat pengakuan kemampuan sang pilot untuk menerbangkan pesawat dengan tipe/ukuran tertentu.
Semua diperiksa dulu
Spoiler for :

Keahlian seorang pilot dalam menerbangkan pesawat komersial merupakan dasar utama yang menentukan kualitas seorang pilot. Faktor-faktor pendukung keahlian seorang pilot selain surat sertifikasi adalah jumlah jam terbang yang telah dimiliki. Keselamatan pesawat dalam suatu penerbangan adalah tanggung jawab seorang pilot, sedang keselamatan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan adalah tanggungjawab awak kabin.

Dalam tugasnya di dalam kokpit pesawat, pilot dibantu oleh seorang ko-pilot. Selama penerbangan berlangsung semenjak take off hingga landing, pilot dan ko-pilot akan mengikuti jalur-jalur penerbangan yang telah terprogram melalui bantuan navigasi pesawat dan mengikuti informasi yang diberikan oleh menara kontrol lalu-lintas bandar udara.

Didalam sebuah penerbangan komersial, pilot dan ko-pilot bertugas mengemudikan pesawat sementara pramugari dan pramugara bertugas untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang dalam penerbangan. Pilot, ko-pilot dan pramugari/pramugara adalah awak pesawat.

Pembicaraan yang dilakukan pilot, ko-pilot dengan petugas menara kontrol lalu-lintas dari dan ke sebuah bandar udara akan direkam oleh kotak hitam.

Quote:

Quote:
Kesehatan juga diperiksa loh

Spoiler for :




Quote:
Brifingan dulu, liat kondisi cuaca,rute pesawat, bahan bakar dll
Spoiler for :
















Quote:
Ke pesawat naek mobil ini dulu

Spoiler for :
Quote:
Cek dulu pesawat nya biar aman

Spoiler for :






















Quote:
Kontrol panel pesawat nya nih

Spoiler for :














Quote:
Ini keadaan di menara bandara

Spoiler for :
Quote:
Tambahan dari agan kaskuser :

Spoiler for :
Quote:
Originally Posted by hotel.echo View Post
mw sedikit ngejelasin gan.. [CMIIW]

yg dilakuin d Briefing Room tuh biasanya pengecekan NOTAM (Notice to Airman, isinya notice2 pada bandara2 yg perlu diketahui pilot), weather forecast (ramalan cuaca) yg didapat dr BMG setempat (yg berisi ramalan2 cuaca di bandara keberangkatan, bandara tujuan, dan bandara alternatif kalau memang harus mendarat darurat), rencana penerbangan (lewat rute mana aja, bahan bakarnya gmn, dan lain sbgnya), dan briefing Captain utk para awak kru nya..

klo yg pilot keliling ngeliat pesawatnya itu namanya Walk Around Check, tujuannya ya utk ngecek klo pesawatnya aman. Walaupun udah dilakukan ama teknisi, tp tetep seorg Captain hrs melakukan cek ini krn emang udh tanggung jawabnya.. Nah, sambil Captain nya Walk Around Check, First Officer nya d cockpit nyiap2in pesawatnya, kegiatan ini dinamakan Pre-Flight Procedure..

Udah selesai Pre Flight nya lanjut deh ke tahapan selanjutnya, yaitu Boarding, Start Engine, Pushback, Taxi Out, trus Take-Off deeh


and have a nice flight, Capt
Ask : di Indonesia sama gan ?

Quote:
Originally Posted by hotel.echo View Post
pasti Gan karena ini menyangkut nyawa manusia yg mereka bawa..yaa,mungkin tempatnya ga sebagus itu siih,hhe

"THE SKY IS A VAST PLACE, BUT THERE IS NO ROOM FOR ERROR"
-Langit Adalah Tempat Yang Luas, Tapi Tak Boleh Ada Sedikitpun Tempat Untuk Sesuatu Yang Bernama Kesalahan-
Quote:
Originally Posted by hotel.echo View Post
hahaha..klo dulu mungkin sempat iya, safety nya dinomor-duakan..tp klo skrg udah ngga kok gan, tenang aja

buktinya Garuda dpt pengakuan berupa rate 4-Star dari dunia internasional, Lion Air dipercaya Boeing sampe dpt kontrak pemesanan 178 pesawat 737-900 ER yg terbaru, Wings Air jg jd pelanggan utama di wilayah asia pasifik (eh,pasifik apa tenggara gtu,ane lupa..) utk pesawat turboprop teranyar buatan Prancis ATR 72-500, dan msh banyak prestasi yg diraih airlines2 Indonesia yg lain..klo ga mendahulukan safety, ga mungkin dong bisa dpt prestasi2 kyk diatas

maju terus dunia penerbangan Indonesia

Salah satu prosedur di Indonesia : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3806158




 



sumber


0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com