selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Google & PacMan Bikin AS Rugi $120 Juta !!

Written By unik on Rabu, 26 Mei 2010 | Rabu, Mei 26, 2010

Quote:


Masih inget beberapa hari yang lalu ada sesuatu yang unik di halaman depan google.com. Yap, game kecil bertitle PacMan terpampang pas diatas kolom search situs pencari tersebut lengkap dengan embel-embel "Insert Coin" disamping tombol search.

Siapa sih yang ngga kenal PacMan, hampir semua orang pasti tahu icon game ini. Bagi google, ini adalah sebuah bentuk persembahan buat icon yang sekarang telah berumur tepat 30 tahun. Hal ini tentu menjadi hiburan kecil yang sebenarnya ngga terlalu penting buat dianggap serius. Tapi buat segelintir orang, ternyata hal ini dianggap sangat merugikan. Kok bisa?

Adalah sebuah web bernama RescueTime.com yang menelisik kalau hal itu adalah benar demikian. web ini dikelola oleh para ahli yang bertujuan untuk mengkalkulasi jumlah waktu produktivitas tiap orang per satu periode, mereka menghitung hal tersebut guna menentukan apakah sistem yang bekerja benar" efektif atau ngga.

Tony Wright, CEO dari RescueTime beranggapan kalau game PacMan yang terpasang di google bisa membuat orang tidak produktif selama 36 detik. Angka itu mungkin ngga ada artinya kalau dihubungan dengan realita, tapi dia kemudian membandingkan waktu tersebut dengan situs pencari lainnya seperti Bing.com dan Wolframalfa.com. And you know what?!

Setelah dihitung" oleh RescueTime, ternyata waktu 36 detik yang terbuang itu setara dengan produktivitas warga AS senilai $120 juta dollar !! Bagaimana cara perhitungannya? mungkin hanya Tony dan karyawannya yang tahu. Tapi yang pasti uang itu memang bukan jumlah yang sedikit. dengan jumlah uang sebanyak itu tambah Tony, siapapun bisa bikin semua orang di Google.com dari mulai Manajer sampai Karyawan biasa jadi tukang sapu selama 6 minggu.

Kalkulasi diatas memang bener" bisa bikin geleng kepala. Dari satu hal yang niatnya cuma buat having fun aja sementara ternyata bisa mendatangkan kerugian yang sangat besar.

Kita balik lagi ke interprestasi masing" apakah hal segitu bener" bisa berdampak pada produktivitas sendiri? Dari sudut pandang gw sebagai orang yang produktif, waktu masuk kerja dan beraktifitas itu ngga sepenuhnya buat itu semua. Ada beberapa waktu senggang untuk refreshing supaya ga stress. Ya walaupun ngga lama" banget sih tapi seengga"nya bisa meminimalisir efek jenuh.

Jadi klo RescueTime dan sebagian orang beranggapan permainan PacMan di Google ini merugikan. Lalu apa bedanya dengan puluhan juta user internet yang bermain game berbasis web di komputernya setiap hari?


SUMBER


0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com