selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Selain Merapi 8 Gunung Berapi Lainnya di Tanah Air dalam Status Waspada

Written By unik on Sabtu, 30 Oktober 2010 | Sabtu, Oktober 30, 2010





Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta sudah meletus. Sebanyak 33 orang tewas. Kini, ada delapan gunung berapi lainnya di Tanah Air dalam status ‘Waspada’.

“Status waspada kita berikan karena kawah gunung tidak dalam kondisi aman untuk didekati,” kata Kepala Sub Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi Kementerian ESDM, Agus Budianto, kepada VIVAnews.com, Jumat 29 Oktober 2010.
Menurut Agus, delapan gunung berapi aktif itu tersebar di seluruh Indonesia dari Sumatera sampai Pulau Jawa. Delapan gunung itu terus mendapat pantauan khusus dari Pusat Vulkanologi.
Delapan gunung api itu yakni:
1. Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara
2. Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat
3. Gunung Anak Krakatau, Lampung
4. Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat
5. Gunung Slamet, Tegal, Jawa Tengah
6. Gunung Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah
7. Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur
8. Gunung Bromo, Probolinggi, Jawa Timur
Krakatau, kata Agus kerap mengeluarkan lava pijar dengan volume kecil dan tidak membahayakan. Aktivitas Krakatau terjadi sejak 2007 sampai saat ini. Letusan kecil kerap terjadi. “Lava pijar di Krakatau itu sudah sering terjadi. Tidak berbahaya, karena pemukiman terdekat jaraknya sekitar 46 kilometer,” ujar Agus.
Sedangkan untuk Semeru hingga saat ini masih dalam pembentukan kubah lava. Kerap terjadi letusan kecil tetapi tidak berbahaya. Akan sangat berbahaya bila ada manusia yang mendekat ke arah kawah. (umi)




sumber :http://unik13.info/2010/10/waspada-selain-merapi-8-gunung-berapi-lainnya-di-tanah-air-dalam-status-waspada/

0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com