selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

SOROWAKO, kota kecil penghasil nickel

Written By unik on Rabu, 06 Oktober 2010 | Rabu, Oktober 06, 2010

sebuah kota kecil yg amat sangat indah penghasil nickel (katanya yg terbesar didunia)


SOROWAKO ITU DISULAWESI LHO GAN (SULAWESI SELATAN)
 

Sorowako adalah sebuah desa kecil yang berada di propinsi Sulawesi Selatan, Jaraknya + 600 km di sebelah utara Kota Makassar (ibukota Propinsi Sulawesi selatan). Desa ini terletak di pinggiran pegunungan verbeek, di tepi Danau Matano yang merupakan salah satu danau terindah dan terdalam di dunia.

Sorowako adalah desa di kecamatan Nuha, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Indonesia. Berada di ketinggian ± 300 meter diatas permukaan laut.
Sekarang area Sorowako sudah berkembang dan dipecah menjadi 3 desa, yaitu desa Sorowako, desa Magani dan desa Nikkel.

Hingga sekarang dengan adanya perusahaan PT Indonesia Nickel Company / INCO yang beroperasi di daerah ini, menjadikan Sorowako yang dulunya penduduknya sedikit, sekarang sudah bertambah banyak karena sebahagian besar karyawan berdomisili di daerah ini. hampir 70% penduduk di Sorowako adalah pendatang yang berasal dari hampir semua propinsi di Indonesia dan sebagian kecil berasal dari ekspatriat. Selain itu Sorowako juga mempunyai penduduk asli yang bahasa aslinya adalah Padoe.

Di sekitar Sorowako terdapat 3 buah danau yang terkenal yaitu Danau Matano yang Sorowako berada persis di pinggirnya, Danau Mahalona dan Danau Towuti. Ketiga danau tersebut dihubungkan oleh sungai Larona dan bermuara di Malili ibukota Kabupaten Luwu Timur.

 Pada tahun 1901 seorang Belanda bernama Kruyt meneliti bijih besi di pegunungan verbeek, dan menemukan kandungan nikel di dalamnya. Pada tahun 1937 seorang ahli geologi INCO LIMITED bernama Flat Elves diundang oleh sebuah perusahaan eksplorasi Belanda untuk melanjutkan studi endapan nikel laterit di Sulawesi. Ia mengunjungi Sorowako.
Tahun 1966 Studi dilanjutkan oleh Pemerintah republik Indonesia dilakukan di Daerah sulawesi, kemudian pada tahun 1967 pemerintah juga mengundang perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia untuk mengjukan proposal bagi eksplorasi dan pengembangan endapan mineral di Pulau Sulawesi. Selanjutnya pada tahun 1968 kegiatan eksplorasi skala penuh dimulai mencakup beberapa bagian dari tiga propinsi di Sulawesi, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Inilah yag menjadi awal alih teknologi yaitu ketika ahli-ahli geologi dari Inco lmited mulai mendidik rekan kerja dari Indonesia untuk mengambi contoh endapanlaterit secara sistematis dan menganalisanya. Eksplorasi yang dilakukan sampai tahun 1971 telah cukup guna dan dipastikan mampu mendukung pabrik nikel yang besar. Sampai tahun 1973 para geologist bekerja di Malili yang berada di daerah pantai sekitar 60 km dari Sorowako. Sedangkan Sorowako masih merupakan desa kecil dengan jumlah penduduk 950 jiwa. Beberapa geologist yang bekerja di Sorowako tinggal di tiga rumah yang dibuat dari kayu setempat di daerah “old camp”.Setahun kemudian dibuat trailer di “old camp” untuk lima keluarga yang pindah dari Malili untuk bergabung dengan penghuni “old camp” sebelumnya. perumahan di daerah pontada dan salonsa didirikan untuk keluarga karyawan yang terlibat dalam konstruksi, pembangkit listrik, pertambangan dan fasilitas lainnya.Satu persatu fasilitas dibangun, sekolah untuk anak-anak karyawan, fasilitas rumah sakit untuk kesehatan, pasar dan lain-lain.
Pada Tahun 1975 sekolah internasional yang awalnya berada di Malili dipindahkan ke Sorowako yang sekarang menjadi gereja advent, kemudian direlokasikan lagi ke lokasi sekarang yaitu Singkole School. Tahun 1977, Presiden Soeharto datang ke Sorowako dan meresmikan fasilitas penambangan dan pengolahan nikel, hingga saat ini PT Inco terus melakukan pembangunan untuk peningkatan produksi nikel.


 kata orang, sorowako itu kota kecil. tapi jgn salah sangka dulu, dengan adax perusahaan penghasil nickel terbesar didunia. fasilitas yang ada disorowako amat sangat lengkap.

Perumahan
Terdapat berbagai wilayah perumahan meliputi:
Pemukiman penduduk asli sorowako yang terletak di tepi danau matano, beberapa bangunan juga ada yang dibangun diatas air.
Perumahan Karyawan PT. Inco yang ditangani oleh General Facilities and Sevices Department,terdiri dari beberapa tipe ( D- single ATCO, D Single Modular, F Family, Apartment, Dormitory, D permanent, C permanent, B permanent, D Challet dan Malili camp yang terletak di Malili )
Selain itu juga dibangun sebuah kompleks perumahan “villa danau Matano”.


Hotel

Untuk pendatang di Sorowako yang ingin menginap, ada beberapa hotel yang ada Sorowako seperti Hotel Sinar Harapan, Hotel Lusiana, Hotel Mulia, Hotel Transisco.
Khusus untuk tamu PT. Inco disediakan pula tempat menginap yaitu Guest House, Dormitory.


Air minum
Untuk seluruh perumahan PT. Inco, pengelolaan air minum dikelola langsung oleh PT. Inco sehingga air yang keluar dari kran aman langsung diminum


Pendidikan

Pemerintah menyediakan fasilitas sekolah mulai dari tingkat TK dan SD di Sorowako, untuk tingkat SLTP dan SMU pemerintah menyediakan di ibukota kecamatan.
Untuk fasilitas pendidikan anak karyawan PT. INCO menyediakan gedung sekolah mulai dari tingkat taman bermain, taman kanak-kanak, SD, SLTP, SMU dan Akademi Teknik Sorowako. Sedangkan untuk anak karyawan ekspatriat disediakan pula International School.
Selain itu juga ada beberapa sekolah swasta yang merupakan sekolah menengah kejuruan teknik.

Sports

· 4 lapanganTennis
· Golf Course
· Gedung F Gym
Didalamnya terdapat 4 lapangan badminton, bisa digunakan untuk senam lantai dan aerobik, bermain,basket, dan karate
· Gedung D Gym
Didalamnya terdapat 4 lapangan badminton, bisa digunakan untuk senam lantai dan aerobik, bermain,basket, dan karate
· Water sport
Berenang, menyelam dan snorkling bisa dilakukan di sepanjang danau matano.
PT. Inco menyediakan fasilitas “ Yatch Club” Klub Perahu Layar khusus untuk karyawan PT. Inco yang hobi bermain perahu layar, menyelam, dan snorkling.
· Jogging
PT. Inco juga menyediakan fasilitas jogging track menuju bukit butoh dengan pemandangan Sorowako.
· Bilyard
Tempat main bilyard di Sorowako hampir di semua hotel menyediakan fasilitas bilyard, khusus bagi karyawan PT Inco yang hobi bermain bilyard disediakan tempat main bilyard di T.A.B (Taman Antar Bangsa).
MICE (meeting, incentive, convention and exhibition):
· Ontaeluwu
· F-Gym
· D-Gym



sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2156463

1 comments:

Anonim mengatakan...

mantappp sorowako..

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Poskan Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com