selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

8 Fenomena Alam mengagumkan yang tidak anda ketahui

Written By unik on Jumat, 23 April 2010 | Jumat, April 23, 2010

Quote:
1. The Maelstrom (Pusaran Air)
Spoiler for maelstrom:

Pernah liat yang ini belum gan???Kalo belum agan bisa liat d film Pirates of Caribbean 3 - At World End. Maelstrom berasal dari bahasa Belanda gan yaitu Maalstroom yang artinya menghancurkan saat ini(aneh y artinya??).

Spoiler for maelstrom:

Maelstrom merupakan sebuah pusaran air yang sangat besar, sebuah pusaran air bebas dengan gaya sedot kebawah yang besar. Badai aslinya adalah Moskstraumen, yang disebabkan oleh arus yang sangat kuat. Para peneliti menggambarkan maelstrom sebagai pusaran raksasa yang mengarah ke dasar laut yang mana itu merupakan perempatan arus bawah laut.
Quote:
2. Fire Rainbow
Spoiler for firerainbow:

Istilah yang benar dari Fire Rainbow adalah busur circumhorizon. Ini merupakan sebuah halo yang terbentuk oleh kristal es yang terletak sangat tinggi, di awan cirrus. Flamboyan raksasa yang indah ini sebenarnya ga langka seperti yang orang-orang kira, beberapa sering muncul tergantung pada lokasinya. Sebagai contoh di USA dapat dilihat beberapa kali pada musim panas setiap tahunnya pada tempat yang sama, tetapi di Eropa ini sangat langka.
Spoiler for firerainbow:
Quote:
3. Waters Pouts
Spoiler for waterspouts:

Waterspouts merupakan sebuah pusaran kolumnar intens yang terbentuk dari satu massa air dan terhubung ke awan cumuliform.
Spoiler for waterspouts:

Sering kali, waterspouts lebih lemah daripada tornado di darat, tapi ada pula yang sangat besar dan membawa air ke atas dengan kecepatan dan kekuatan yang sangat besar.
Spoiler for waterspouts:

Waterspouts terdiri dari tornadic dan non-tornadic. Secara umum yang sering muncul adalah non-tornadic dan ini kurang berbahaya dengan angin yang lebih lambat dari 70 mph (30 m/s). Sedangkan yang tornadic mempunyai inti yang sama dengan tornado pada umumnya, tetapi yang ini menambahkan massa air yang sangat besar.
Spoiler for waterspouts:

"Sepupu" jauh dari waterspout adalah snowspout (atau icespout). Snowspout sebenarnya waterspout yang terbentuk di dasar badai salju dan ini sangat langka terjadi. Hanya ada 6 foto Snowspout yang pernah diambil karena kelangkaannya.
Quote:
4. The Honduran Rain of Fish
Ne kejadian paling unik gan. Departemen Yoro adalah sebuah tempat terjadinya salah satu fenomena yang paling aneh dan menakjubkan yang pernah terjadi : hujan ikan. Kejadian ini berlangsung setiap tahun dah telah terjadi dalam kurun waktu satu abad terakhir.
Spoiler for rainfish:

Setiap tahun, antara bulan Mei dan Juli sebuah awan gelap muncul di langit, diikuti oleh badai besar-besaran dan banyaknya hujan. Semuanya berlangsung 2-3 jam, saat kejadian tersebut berakhir orang-orang keluar dan menemukan ratusan ikan hidup di jalanan.
Spoiler for rainfish:

Tidak ada kesimpulan yang jelas, tetapi sebuah teori yang diterima adalah bahwa angin yang kencang dan sebuat waterspouts membawa ikan dari jarak 200 km. Namun, sejumlah besar ilmuwan mengklaim ini bukan ikan air laut, tapi ikan air tawar yang berenang dari sungai terdekat ke arus bawah air, dan beberapa ikan menyimpang dari arus dan muncul di tanah. Para ilmuwan menemukan bahwa ikan-ikan ini berasal dari sungai di bawah tanah. Jika agan mengunjungi Honduras pada musim panas maka agan akan melihat kejadian ini secara langsung.
Quote:
5. Moonbows
Spoiler for moonbows:

Kita semua (mungkin) melihat pelangi, pada siang hari. Tapi berapa banyak dari kita telah melihat pelangi di malam hari? Ya, ini benar-benar dapat terjadi, karena cahaya yang dihasilkan oleh bulan (sehingga moonbow, atau bulan atau pelangi pelangi putih). Tentu saja cahaya yang dipancarkan oleh bulan lebih redup daripada yang dari matahari, sehingga hasilnya pelangi terbentuk; sebagian besar waktu itu, bahkan sulit bagi mata manusia untuk memisahkan warna di sana.
Spoiler for moonbow:

Kesempatan terbesar yang Anda miliki untuk melihat moonbow adalah saat bulan penuh (atau dekat penuh), ketika itu adalah terang, tetapi ada kondisi lain yang dibutuhkan. Langit harus sangat gelap (mendekati hitam), dan, tentu saja, harus ada hujan lebat berlawanan dengan bulan.
Spoiler for moonbow:
Quote:
Quote:
6. Penitentes
Spoiler for penitentes:

Es duri tajam ini hanya dapat ditemukan pada ketinggian tinggi. Es (atau salju) formasi yang berbentuk pisau atau paku yang bervariasi dari beberapa sentimeter sampai 2 meter (atau bahkan lebih) telah memesona para peneliti sejak masa Darwin, karena ia adalah orang pertama yang pernah menggambarkan hal ini.
Spoiler for penitentes:

Dia harus memeras menerobos seperti lapangan dan adalah yang pertama melihat mereka umumnya mengikuti arah matahari? Tapi bagaimana mereka dibentuk? Mekanisme 'kelahiran mereka' agak sedikit rumit, dan hal itu bergantung pada ablasi diferensial. Pada dasarnya, untuk penitentes untuk membentuk, titik embun harus di bawah titik beku. Akibatnya, salju akan menghaluskan, yang membutuhkan energi lebih dari mencair. Geometri dari permukaan menyediakan mekanisme umpan balik positif bagi radiasi, yang terjebak oleh beberapa refleksi, membuat cekungan. Cekungan ini, dikombinasikan dengan angin yang meningkatkan suhu titik embun menyediakan kondisi yang tepat untuk sublimasi untuk menciptakan dinding curam dan puncak.
Spoiler for penitentes:
Quote:
7. Supercells
Sel Super yang berputar arus naik dalam badai petir; mereka besar, dan menakutkan.
Spoiler for supercell:

Sel super biasanya menghasilkan jumlah besar hujan es, hujan lebat, angin kencang, dan downbursts besar dan mereka sering pembawa hujan es raksasa. Para ilmuwan telah memberikan cukup keterangan sel super, karena, seperti Anda bisa menduga dari gambar, mereka benar-benar berbahaya.
Spoiler for supercell:

Spoiler for supercell:
Quote:
8. Ice Circles
Spoiler for icecircles:

Lingkaran es mempunyai cukup banyak apa yang kita harapkan darinya.
Spoiler for icecircles:

Namun, mereka sangat jarang, muncul hanya di perairan yang bergerak lambat dari iklim dingin seperti Eropa atau Amerika Utara, tetapi beberapa juga telah melihat di Britania, termasuk yang berukuran besar lebih dari 3 meter. Ada dua jenis lingkaran es. Berikut adalah kondisi yang diperlukan umum untuk jenis pertama untuk membentuk.
Spoiler for icecircles:

Tidak ada hujan dan suhu di bawah 0 Celcius selama beberapa hari di dekat sungai tikungan lambat. Jadi, air menciptakan kekuatan yang disebut 'geser rotasi' dan mematahkan sepotong es, memutar di sekitar dan menggilas es sekitarnya, mengubahnya menjadi lingkaran yang sempurna.

Tipe kedua adalah mungkin bahkan lebih spektakuler. Juga disebut panci es, formasi ini pada dasarnya permukaan lempengan es yang terbentuk di tengah sungai, dan tidak miring. Mereka menjelaskan dengan perubahan suhu mendadak. Ketika air mendingin, panas menjauh yang menciptakan es frazil (jarum es berorientasi secara acak berkeliaran di air tersebut). Partikel-partikel es bisa saja berbentuk panci es, dan jika danau telah cukup es frazil dan arus cukup lambat, panci es dapat mencapai ukuran yang membingungkan orang dan bahkan menjadi bendungan tergantung.
Spoiler for icecircle:

sekian


Sumbernya
sumbernya juga gan 



0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com