selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Yuk Kita Lihat Pesona Wisata Bojonegoro Kota Minyak Terbesar di Indonesia

Written By unik on Rabu, 21 Juli 2010 | Rabu, Juli 21, 2010

Quote:
Kabupaten Bojonegoro memiliki lebar 230,706 Ha, dengan jumlah penduduk adalah 1.176.386, dan merupakan bagian dari provinsi Jawa Timur. Lokasinya sekitar 110 km dari provinsi Jawa Timur dan negara di 6 z 59 '7 z 37' lintang dan 112 z 09 'bujur.
Quote:
Spoiler for Lokasi Bojonegoro:
Bojonegoro terletak di bagian pedalaman dataran utara Jawa, di tepi Sungai Bengawan Solo (sungai terbesar di Jawa). Seperti sebagian besar Pulau Jawa, Bojonegoro didominasi dengan pemandangan sawah padi. Di daerah Bojonegoro, Sungai Bengawan Solo saja menjadi potensi pengairan dari utara sampai timur. kondisi musiman seringkali sangat kontras. Pada musim hujan, hujan akan turun hampir setiap hari sedangkan pada musim kemarau, hujan tidak akan datang selama berbulan-bulan, menyebabkan kekeringan dan kekurangan air meluas.
Bojonegoro berbatasan dengan:
Sebelah utara: Kabupaten Tuban
Sebelah Timur: Kabupaten Lamongan
Sisi Selatan: Madiun, Nganjuk dan Kabupaten Jombang
Sisi barat: Ngawi dan Blora (Jawa Tengah)
Quote:
Spoiler for Peta Lokasi Wisata Bojonegoro:
Sedangkan, Kabupaten Bojonegoro memiliki banyak obyek wisata yang menarik, yang biasanya dikunjungi oleh banyak orang di hari libur. Daerah ini di dukung dengan luas areal geografis yang baik dan baik dari pegunungan, sehingga Bojonegoro menjadi salah satu pemasok pariwisata daerah Propinsi Jawa Timur. Kabupaten Bojonegoro memiliki banyak tempat-tempat wisata seperti wisata alam, wisata buatan, wisata budaya.
Quote:
Pariwisata Bojonegoro
Quote:
WADUK PACAL
Quote:
Spoiler for Waduk Pacal:
Quote:
Spoiler for Waduk Pacal:
Quote:
Spoiler for Waduk Pacal:
Waduk Pacal adalah Waduk warisan Belanda yang dibangun tahun 1933, wilayah waduk ini adalah sekitar 3,878 km dengan kedalaman 25 meter. Selain fungsi utamanya untuk mengairi lahan pertanian di Kabupaten Bojonegoro, juga nyaman untuk dikunjungi. Terdapat pemandangan yang indah, di sini juga menyediakan dermaga perahu dan daerah penangkapan, yang menjadi daya tarik wisatawan waduk Pacal yang terletak sekitar 35 km selatan kota Bojonegoro dengan transportasi umum atau seseorang kendaraan, maka pengunjung atau wisatawan bisa tiba di tempat ini dengan mudah.

Waduk Pacal memiliki luas 3.878 kilometer dan kedalaman 25 km merupakan waduk Belanda yang dibangun pada tahun 1933 dan air disertai dengan panorama alam dan hutan jati menarik. Agenda wisata waduk Pacal yang diadakan setiap bulan Oktober ulang tahun Kabupaten Bojonegoro, adalah ritual "Larung Sengkolo" dan "Jasman Waranggono Tayub" untuk menyatakan "wisuda Waranggono Tayub".

Waduk Pacal ini juga mendukung dengan beberapa fasilitas seperti cottage, arena memancing, perahu, kios, dll Pengembangan waduk Pacal diarahkan untuk transportasi, akomodasi, telekomunikasi dan fasilitas obyek wisata lainnya. Obyek wisata ini juga cocok untuk memancing dan kano.
Quote:
KAYANGAN API
Quote:
Spoiler for Kayangan Api:
Quote:
Spoiler for Kayangan Api:
Merupakan sumber api alam yang menyala sepanjang tahun. dan terletak pada posisi yang sangat strategis yaitu dikelilingi oleh hutan-hutan yang dilindungi dan bebas dari pencemaran polusi. selain sumber api abadi di kayangan api juga terdapat mata air yang konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Anehnya air ini dari jauh berbau tetapi setelah mendekat baunya itu hilang dan dari jauh air ini kelihatang seperti air mendidih tetapi kalau kita sudah mengambilnya maka air tersebut terasa dingin dan sejuk. Konon, menurut suatu cerita rakyat, keampuhan lokasi Kayangan Api telah dirasakan semenjak pemerintah Maha Prabu Angling Dharma (Sri Aji Dharma) dari Malawapati, yang melatih para prajurit Malawapati di lokasi Kayangan Api tersebut. Bahkan, ada beberapa pusaka Malawapati yang ditempa di Kayangan Api, termasuk pusaka-pusaka andalan Kerajaan Malawapati dan Kerajaan Bojonegoro pada zaman Hindu madya di masa silam. Meskipun benar tidaknya cerita tersebut belum diketahui secara pasti, Serat Astra Dharma yang saat ini tersimpan di salah satu museum terkenal di Belanda, dapat menjelaskan bahwa hal tersebut benar-benar nyata. Serat yang ditulis pada masa Raja Astra Dharma alias Prabu Purusangkana, ayahanda kandung Prabu Angling Dharma (putera Prabu Kijing Wahana, suami Dewi Pramesthi) yang legendaris tersebut. Apabila Serat Astra Dharma tersebut dapat dikembalikan ke Indonesia, dapat diketahui dengan pasti bagaimana silsilah raja-raja Malawapati, Yawastina, dan Mamenang yang bersumber dari satu asal yaitu Prabu Parikesit, raja Hastinapura dari India.
Quote:
TIRTA WANA DANDER
Quote:
Spoiler for Tirta Wana Dander:
Quote:
Spoiler for Tirta Wana Dander:
Quote:
Spoiler for Tirta Wana Dander:
Next ke selatan kota Bojonegoro sekitar 13 km, ada obyek wisata alam dan obyek wisata buatan, tepat di desa Dander, Dander distrik, yang terkenal dengan Tirtawana, Tirta Wana Air dan makna yang berarti bahwa Hutan. Ini berarti bahwa ada air di hutan. Tirta Wana Dander adalah obyek wisata yang memiliki penuh panorama alam yang sangat indah, karena ada banyak pohon-pohon besar dan teduh juga tanaman tropis yang membuat udara menjadi sejuk dan segar. Di sini telah dibangun kolam renang yang sangat luas, yang terdiri dari dua bagian, sebelah barat adalah untuk perempuan dan anak kemudian sisi timur adalah untuk orang dewasa. Karena keindahan alam dan kesejukan udara, maka pada liburan, wisatawan sering mengunjungi Tirtawana Dander.

Tirtawana Dander juga dilengkapi dengan tempat untuk bermain, berkemah, lapangan golf untuk yang memiliki hobi untuk bermain golf. Para pengunjung datang ke objek wisata ini adalah untuk bersantai, berenang, atau bermain golf.

Tempat ini memiliki geografis yang unik karena alam yang segar. kolam renang ini diambil dari sumber air alami yang sangat bersih dan jelas sehingga kita akan merasa segar jika kita mandi dalam jajak pendapat ini.

Ada peralatan mendukung beberapa, seperti; toilet, mengambang, papan lompat, taman bermain, tempat tinggal, kios, ruang pertemuan, lapangan golf, camping ground, dll
Quote:
TAMAN TIRTA WATERPARK
Quote:
Spoiler for Taman Tirta:
Quote:
Spoiler for Taman Tirta:
Quote:
Spoiler for Taman Tirta:
Taman Tirta adalah kolam renang obyek wisata yang sangat strategis, karena yang terletak di kota Bojonegoro, tepatnya di WR. Supratman Street. Untuk masyarakat Bojonegoro dan wisatawan lain, yang ingin bersantai, menghilangkan stres, renang, dan taman bermain, tempat ini merupakan objek wisata paling sesuai untuk dikunjungi.
Quote:
Mebel & Kerajinan Bojonegoro
Bojonegoro juga terkenal dengan mebel dan produk kerajinan. Bojonegoro juga dikenal sebagai salah satu produsen kayu jati terbesar di Pulau Jawa, karena Bojonegoro memiliki hutan jati yang besar dan luas. Jadi, tidak mengherankan jika kabupaten ini memiliki banyak furnitur dan industri kerajinan yang terbuat dari kayu jati.

Quote:
Mebel Antik
Quote:
Spoiler for Produk:
Salah satu industri mebel di Bojonegoro adalah Antique Furniture. Ini adalah industri mebel yang terkenal di Bojonegoro yang memproduksi berbagai macam furniture indoor dan outdoor. Hal itu membuat kualitas tinggi dari kayu jati dan dibuat oleh pengrajin profesional. Ini disebut mebel antik karena memiliki bentuk unik dan antik dengan berbagai desain mebel. Anda dapat mencoba untuk mengunjungi Bojonegoro dan mendapatkan mebel kayu jati asli.
Quote:
Kerajinan
Quote:
Spoiler for Produk:
Produk Bojonegoro lainnya adalah produk kerajinan. Pusat kerajinan ini terletak di Kecamatan Kasiman, Bojonegoro. Anda dapat menemukan berbagai kerajinan yang terbuat dari kayu jati, pohon kelapa, tempurung kelapa, dan bahan lainnya. Produk-produk kerajinan yang dibuat oleh pengrajin profesional dengan berbagai desain dan kerajinan, seperti; lampu kayu, hiasan dinding, vas, miniatur, dll. Para pengunjung biasanya mengunjungi Bojonegoro dan membeli produk kerajinan untuk souvenir.
Quote:
Gerabah Tanah liat
Quote:
Spoiler for Produk:
Bojonegoro benar-benar kaya kerajinan. Yang unik adalah kerajinan yang terbuat dari lumpur atau tanah liat. kerajinan ini dibentuk menyerupai hewan bentuk dan dicat dengan desain yang unik. Produk-produk tanah liat dapat digunakan sebagai hiasan rumah atau sebagai hadiah untuk teman atau keluarga Anda. Bentuk yang unik dan desain produk asal Malo telah menarik banyak pengunjung untuk membelinya. Sehingga, terdapat banyak pembeli dari banyak daerah di Indonesia yang datang ke Bojonegoro hanya ingin membeli produk ini.
Quote:
Produk Bojonegoro

Bojonegoro adalah salah satu kabupaten Jawa Timur yang terkenal dengan produk sendiri. Banyak orang ingin mengunjungi Bojonegoro karena memiliki makanan khusus yang disebut "Ledre" dan buah khusus yang disebut "Salak Wedi".

Quote:
Ledre
Quote:
Spoiler for Produk:
Ledre adalah jenis makanan ringan, khas Bojonegoro. Ini membentuk Gapit (chip seperti menggulung emping) dengan aroma pisang manis. Yang bagus adalah rasa pisang. Ini adalah makanan ringan khusus dari Bojonegoro yang terbuat dari gula, tepung, dan pisang. snack telah digiling, sehingga terlihat seperti tongkat. Ledre dengan rasa pisang telah menjadi camilan favorit pengunjung terbanyak. Ini merasa tidak lengkap jika mengunjungi Ledre Bojonegoro tanpa membeli beberapa.
Quote:
Salak Wedi
Quote:
Spoiler for Produk:
Salak Wedi adalah rasa dicintai, lezat dan segar. Pohon-pohon itu dapat ditemui di setiap halaman rumah penduduk di desa Wedi dan sekitarnya. Perbedaan Salak Wedi dibandingkan dengan Salak lainnya, seperti; Salak Pondoh, adalah kandungan air yang segar yang membuat Salak Wedi. Buah salak Salacca disebut Salak Wedi, karena kulit tampak seperti pasir dan buah lebih kecil maka Salak lainnya. Salak Wedi berasal dari bahasa Jawa, berarti buah salak Salacca terlihat seperti pasir (Wedi = Pasir, bahasa Jawa).
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4761406








0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com