selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Karena Akan Dibangun Jalan...Bangunan Bersejarah Digeser dan Diputar 90 Derajat

Written By unik on Senin, 29 Maret 2010 | Senin, Maret 29, 2010

Di Fuzhau, China ada sebuah gereja tua yang saat ini nasibnya mengalami tanda tanya besar.

Gereja yang usianya mencapai 100 tahun itu akan mengalami perombakan karena adanya pembangunan jalan. Karena gereja ini termasuk bangunan bersejarah, maka banyak yang menyayangkan kalau bangunan ini harus dibongkar.

Bagaimana caranya agar bangunan bersejarah ini tetap ada, tapi pembangunan jalan juga berlangsung. Yup! Manusia memang selalu diberikan akal dan ide-ide yang brilian. Gereja dengan berat 1.500 ton itu dipindahkan ke lokasi yang baru.

Bagaimana caranya? Fondasi bangunan gerje di potong secara mendatar dan rata. Lalu banguan tersebut di geser dan di putar. Saat ini gereja tersebut sudah mulai berpindah posisi 80,6 meter.

Ini bukan kejadian yang pertama, sebelumnya kejadian serupa pernah dilakukan. Yaitu pergeseran gedung kesenian di kawasan Shanghai.

Saat itu dibuthkan waktu sekitar 5 bulan untuk menggeser gedung dengan berat 4000 ton itu. Setiap harinya bangunan tersebut digeser sejauh 3 meter. Bukan hanya itu di lokasi yang baru, tingginya di tambah menjadi 1,8 meter.







sumber


0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com