selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Ternyata AK-47 segala dari segala-galanya gan!

Written By unik on Senin, 29 Maret 2010 | Senin, Maret 29, 2010




Senapan Kalashnikov dan Penemunya, Mikhail Tomifeyenich Kalashnikov

Nih kalo masih ga tau AK-47
Spoiler for Courtesy of Counter Strike:



Quote:
Sebelumnya, dijamin tulisan gw NO HOAX.
Sumber: Majalah Commando Vol IV No. 2/2008

Ternyata selain merupakan senjata yang terkenal dengan image pemberontak, AK-47 masih mempunyai beberapa fakta unik dan menarik, yaitu:

Spoiler for 1:

Harga peluru 7,62 x 39 mm milik AK-47 merupakan peluru termurah di dunia. Ini disebabkan adanya pasokan yang sangat melimpah, terutama dari China dan eks Pakta Warsawa. Di AS peluru ini masih lebih murah dari harga perluru terkecil, kaliber 0.22, yang merupakan peluru pistol polisi.


Spoiler for 2:

Pepatah peluru tidak mengenal suku, ras, dan agama terbukti ketika banyak negara dan fraksi-fraksi politik memasang AK-47 sebagai simbol perjuangannya seperti Mozambique, Irak pada zaman Saddam Husein, dan fraksi Hizbullah di Lebanon, walau secara ideologi mungkin mereka sangat menentang Komunisme.


Spoiler for 3:

Legenda AK-47 tidak hanya terbuti di medan perang, namun juga merasuk dalam budaya sosial. Di negara Sub-Sahara seperti Uganda dan Mozambik, AK-47 menjadi standar nilai tukar untuk barter. Satu AK-47 dihargai 3-4 binatang ternak. Selain itu, AK-47 juga bisa dijadikan mas kimpoi, atau malah digadaikan sementara untuk memperoleh uang.


Spoiler for 4:
AK-47 menjadi satu-satunyasenjata yang digunakan untuk menamai anak baru lahir karena menginspirasikan keberanian. Di Afrika, banyak anak memiliki nama depan Kalash.


Spoiler for 5:


Di perbatasan Pakistan-Afghanistan yang dikenal dengan area No Man's Land (daerah netral, bukan milik negara manapun), Ak-47 dibuat di bengkel rumahan dan dijual di pasar layaknya sayur. Tradisi keluarga pembuat senjata disana sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Harga satu AK-47 buatan sana sekitar 20.000 rupee atau sekitar 2,5 juta Rupiah!


Spoiler for 6:


Pasca penarikan mundur Soviet tahun 1989, AK-47 bisa disewa per jam di Peshwar, Pakistan. Yang lebih parah, AK-47 bisa dibeli secara cicilan . Pembeli cukup membayar uang muka 5.000 rupee (Rp 600rb), pergi merampok orang lain, dan membayar 10,000 rupee (Rp 1,2 jt) sisanya dengan hasil rampokan!


Spoiler for 7:


Mitos bahwa AK-47 tahan direndam air, lumpur, dan dalam tanah ternyata disebar pertama kali oleh Kolonel David H. Hackworth.
Saat ia bertugas ke Vietnam, ia bertugas mengawasi renovasi markas yang hancur karena diserbu tentara Vietnam. Saat buldozer membalik tanah, ternyata ikut terangkat pula jasad pasukan Vietnam yang sedang mendekap AK-47. Ia mengangkat senjata itu, lalu berkata kepada tentara AS. "Lihat ini, akan saya tunjukkan bagaimana senapan infantri sejati bekerja." Lalu ia mensetting senjata full-auto, lalu menarik pelatuknya.
Ajaib. AK-47 yang sudah setahun terkubur dalam tanah masih bekerja dengan baik.
Pengalaman Hackworth itu ia tuangkan ke dalam bukunya, Steel My Soldiers Heart, dan menjadi best-seller.


sumber


0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com