selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

Berita Bagus - Jaringan Tembaga Telkom Akan Diubah Menjadi Optik

Written By unik on Kamis, 15 April 2010 | Kamis, April 15, 2010




Kabel Tembaga Telkom Diubah Jadi Fiber Optik



PT Telkom menunjuk PT Inti untuk menggarap proyek penggantian jaringan kabel tembaga menjadi kabel optik dalam empat tahun ke depan.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah dan Direktur Utama PT Inti Irfan Setiaputera.

Menurut Rinaldi, jaringan kabel tembaga Telkom yang akan dialihkan menjadi serat optik meliputi 2,1 juta satuan sambungan sekunder, dan 9 juta satuan sambungan primer.

"Adapun jaringan yang sudah dialihkan menjadi kabel optik mencapai 1,2 juta satuan sambungan," tukasnya, Rabu (14/4/2010).

Untuk mengubah basis jaringan tersebut, lanjut Rinaldi, Telkom tidak mengeluarkan investasi, karena harga instalasi kabel optik lebih murah dibanding investasi kabel tembaga.

"Harganya bisa satu berbanding tiga. Adapun harga pembangunan kabel optik hanya berkisar 7 dolar AS per kilometer," tukasnya.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberi manfaat secara signifikan bagi kedua BUMN. Bagi Telkom dapat mempercepat dan menimalkan biaya dalam pencapaian tujuan Indonesia Syncronize khususnya dalam rangka menuju terbentuknya Next Generation Nationwide Broadband Network (NG-NBN). Sementara bagi PT Inti bermanfaat dalam pembangunan ICT dalam negeri.

Rinaldi menjelaskan, dari seluruh jaringan kabel yang dimiliki Telkom tersebut, baru sebanyak kurang dari 10 persen yang sudah dialihkan menjadi serat optik.

Menurutnya, percepatan pengalihan menjadi kabel optik sejalan dengan program transformasi bisnis perseroan menuju perusahaan telecommunication, information, multimedia and edutainment (TIME).





 



sumber



0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com