selamat datang di www.unikindo.blogspot.com temukan lebih dari 10.000 artikel unik dan selalu terupdate setiap harinya!

FIFA Untung Rp28,4 Triliun Dari Piala Dunia !!!

Written By unik on Jumat, 02 Juli 2010 | Jumat, Juli 02, 2010

http://www.kme.com/cm21/media/upload/thumb-l_zinn_zuerich_fifa_sm.jpg
Piala Dunia dihelat untuk mencari negara mana yang memiliki prestasi terbaik di bidang sepakbola. Tapi di sisi lain, Piala Dunia juga berfungsi sebagai papan iklan raksasa perusahaan-perusahaan untuk memasarkan produk-produknya.
Seperti dikutip dari Sky News, sejauh ini FIFA telah meraup keuntungan £2,1 miliar (Rp28,45 triliun) dari penyelenggaraan Piala Dunia 2010. Keuntungan sebesar itu berasal dari penjualan hak siar pertandingan di berbagai televisi, sampai kontrak iklan dengan sejumlah perusahaan seperti Coca-Cola, Sony, dan Budweiser.
Dengan kontrak tersebut, Budweiser menjadi satu-satunya bir yang boleh diiklankan dan dijual di stadion-stadion tempat berlangsungnya Piala Dunia.
Suporter yang tidak memiliki tiket masuk ke stadion dan pilih menonton melalui layar raksasa yang disediakan di sejumlah area sekitar stadion, juga tak lepas dari bombardir iklan. Terutama dari berbagai perusahaan yang telah membayar ke FIFA untuk ikut memetik keuntungan dari ajang Piala Dunia.
http://www.osservatoriosport.interno.it/primo_piano/2010/febbraio/fifa2010logo.gif
Nelson Mandela Square yang strategis di Sandton, Johannesburg misalnya, telah sepenuhnya diambil alih oleh Sony sampai Piala Dunia. Tenda besar terlihat menutupi hampir seluruh area lapangan.
Tenda itu dihiasi logo raksasa elektronik Jepang tersebut. Di dalamnya, terdapat layar bioskop yang menayangkan ulasan pertandingan Piala Dunia dalam tiga dimensi, diserta dengan setengah jam perkenalan merk Sony.
Coca-Cola yang juga menjadi sponsor utama Piala Dunia dapat dijumpai ke arah mana pun mata memandang di pusat-pusat keramaian Afsel. Coca-Cola mendirikan ‘Coke Happiness Centre’, tenda besar di mana orang-orang ‘membuka’ kebahagiaan mereka dengan meneguk minuman bersoda tersebut. Mereka diiringi dengan tarian cheerleader menyapa suporter yang sedang menunggu pertandingan dimulai.
Jangkauan operasi FIFA terbentang luas di luar arena pertandingan. Chris Warncke yang mengelola bisnis penjualan barang-barang eksotis di Cape Town menyatakan, sebelum Piala Dunia dimulai FIFA memperingatkan tokonya dan toko-toko lain di sekitarnya agar tidak mengiklankan atau menjual produk apa pun yang bernuansa Piala Dunia sebelum membeli lisensinya ke FIFA. Bila hal itu dilanggar, maka hukuman telah menanti mereka.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzBeJXKpysS-jtPDOG_3DHUjKlkYebogtu4VYKPks_G5VlPC8_8ngPisqTbVv8bvvcxwJKOhfr2IYTybCIAI0WLdxZS8srb904hZklb9tnIlMOKv46W4zG1dECKQud-AMdlYKoqrCyxw/s400/soccerball.gif
Hal ini tentu membatasi potensi pedagang lokal untuk meraih keuntungan dari suporter dunia yang berbondong-bondong datang ke negeri mereka. “Saya tidak mengerti kenapa mereka (FIFA) tidak ingin kami menjual kaos sepakbola, vuvuzela, burger bola, atau apa pun tanpa lisensi. Semua ini menimbulkan kekecewaan. Seharusnya Piala Dunia di Afrika Selatan menguntungkan rakyat negeri ini,” kata Warncke seperti dilansir Sky News.
Salah seorang juru bicara FIFA membantah anggapan bahwa FIFA telah berlaku kejam kepada industri kecil setempat.
“FIFA tidak mencegah pengusaha lokal memperoleh keuntungan dari Piala Dunia. Sebaliknya, FIFA bersikap toleran kepada mereka, dan membiarkan kota-kota yang menjadi tuan rumah pertandingan mengelola sektor perdagangan mereka sendiri,” demikian ujar FIFA dalam keterangan resminya.
“FIFA adalah organisasi nirlaba. Jadi, selain cadangan dana yang diperlukan sebagai dukungan finansial, seluruh pendapatan akan diinvestasikan kembali ke sektor sepakbola. Lebih dari 75 persen pendapatan kami akan disalurkan langsung ke organisasi sepakbola dan proyek-proyek pembangunan,” jelas FIFA.




sumber :http://klipberita.com/klipolahraga/10114-fifa-untung-rp284-triliun-dari-piala-dunia.html
 
 
 
 
 

0 comments:

laporkan jika ada comment SPAM atau SARA di: MACHINE.MW[at]GMAIL.COM atau harsajet[at]yahoo.com

Posting Komentar

disclaimer

semua artikel yang berada di www.unikindo.com berasalkan dari sumber yang berbeda- beda, dan admin www.unikindo.com tidak mengklaim artikel tersebut. jika anda tidak setuju dengan penayangan artikel- artikel ini silahkan hubungi admin di: harsajet[at]yahoo.com